HUIndonesia 2017: Sumbawa Siap Menjadi Magnet Petualang Dunia

Beberapa nama petualang papan atas yang pernah menjelajahi dunia dengan sepeda motor dipastikan akan berkumpul di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Kamis-Minggu, 18-21 Mei mendatang. Para penjelajah dunia itu akan mendatangi Sumbawa untuk bergabung dalam kegiatan internasional pertemuan para petualang dunia, Horizon Unlimited Indonesia 2017 (HUI), yang dihelat di kawasan Resort Pantai Kencana.

Ted Simon, pasangan Shannon dan Mike Mills, pasangan Maggie dan Norman Magowan, Nicole Espinosa, Anita Yusof, Andy Dukes, Steve Campbell, Jeff de Wispelaere, serta penjelajah asal Indonesia Jeffrey Polnaja, akan berbagi cerita dan keahlian berpetualang kepada mereka yang bergabung dalam kegiatan tersebut.

“Indonesia, khususnya Sumbawa, akan menjadi tuan rumah untuk kegiatan internasional Horizon Unlimited 2017. Ini adalah yang pertama kali bagi Indonesia, dan kita patut berbangga karena Horizon Unlimited Indonesia bakal dihadiri nama-nama petualang dunia papan atas,” terang Jeffrey Polnaja, penjelajah dunia berbendera Ride for Peace (RFP) yang ditunjuk Horizon Unlimited sebagai ketua pelaksana untuk Indonesia.

Horizon Unlimited (HU) merupakan wadah perkumpulan petualang dunia yang dibentuk oleh pasangan petualang veteran Grant dan Susan Johnson pada 1997. Sejak didirikan, perkumpulan berbasis di Inggris dan Kanada ini telah menjadi inspirasi, serta memberikan informasi kepada setiap orang yang ingin berpetualang. Bahkan melalui perkumpulan ini pula seringkali terjadi koneksitas antar-petualang dari seluruh penjuru dunia.

“Saya mendengar kabar sudah banyak bikers dari berbagai daerah dan negara yang mulai berkendara menuju Sumbawa. Kabar yang sangat baik. HU Indonesia sejatinya harus bisa dimanfaatkan oleh para pecinta petualang di Tanah Air sebagai sarana menggali pengalaman dari petualang-petualang dunia yang sangat berpengalaman,” lanjut pria asal Bandung, Jawa Barat yang akrab disapa Kang JJ ini.

“Saat ini perhatian para penjelajah dunia sedang tertuju ke Indonesia. Dengan demikian diharapkan dapat meningkatkan pariwisata daerah sekaligus mempromosikan wisata Indonesia di dunia.”

HUI 2017 sendiri telah diumumkan melalui website www.horizonsunlimited.com sejak awal tahun lalu. Untuk bisa mengikuti kegiatan bergengsi ini para petualang diwajibkan mendaftar.

Kang JJ menambahkan dalam kegiatan HUI 2017 banyak program aktivitas yang akan digelar. Selain presentasi dari nama-nama petualang yang telah disebut di atas, akan dijalankan pula kegiatan berkendara bersama pada Jumat (19/5).

Ted Simon (86), seorang jurnalis sekaligus petualang bermotor asal Inggris pendiri “Jupiter’s Traveller” yang telah menulis beberapa buku, salah satunya “Dream of Jupiter,” akan menyampaikan kisah panjang perjalanan keliling dunia dengan sepeda motor Triumph Tiger yang dilakukan sejak 1973 pada usia 42 tahun.

Sementara Steve Campbell, pria asal Australia yang sangat mengenal Indonesia sejak 1970 dan telah menjelajah dari Singapura ke London, Inggris menggunakan Honda 450 Twin pada 1973, juga akan mengisahkan seluruh pengalaman uniknya.

Tidak ketinggalan Shannon dan Mike Mills, pasangan petualang asal Seattle, Amerika Serikat yang secara khusus hadir ke HUI 2017 dengan menunggang dua sepeda motor BMW model GS-Series. Keduanya akan mempertontonkan video kisah perjalanan 16 bulan di Amerika Selatan, lalu menembus Belgia dengan kargo, serta berkendara melalui Maroko dan Nepal untuk menembus hingga Sumbawa, Indonesia.

Selain itu, tiga wanita petualang dunia Anita Yusof (Malaysia), Nicole Espinosa (USA) dan Maggie Magowan (Inggris) juga akan ambil bagian sebagai pembicara. Anita akan menyampaikan kisahnya sebagai muslimah pertama di dunia yang berhasil berpetualang seorang diri dari Malaysia hingga 40 negara di empat benua.

Sedangkan Nicole telah menyiapkan paket tayangan spesial dari hasil petualangannya di benua Afrika. Adapun Maggie yang hampir 40 tahun mendampingi suaminya (Norman Magowan) berpetualang dengan sepeda motor akan memberikan pelatihan yoga, sesuai kemahiran yang dimilikinya. Untuk diketahui, Maggie dan Norman datang secara khusus ke Sumbawa dengan menunggang sepeda motor dari Inggris.

Tidak cuma itu, Jeff de Wispelaere, pria asal Denver, Colorado, AS yang piawai di atas sepeda motor besar adventure, juga akan memberikan teknik-teknik berkendara kepada semua peserta HUI 2017. Sedangkan Andy Dukes (Inggris) yang sengaja naik motor dari Inggris menuju Sumbawa akan menyampaikan kisah tentang bagaimana memulai menjadi seorang petualang sejati di atas sepeda motor.

Dan, tentu saja penjelajah dunia seorang diri asal Indonesia, Jeffrey Polnaja, yang telah mengukir prestasi sebagai salah satu pemotor pencatat jarak berkendara terjauh (420.000 Km) dan bertitel “Circumnavigated” (97 negera), akan ambil bagian dalam sesi presentasi.

Your comment: