Sekilas KOMBO Pontianak, Menjadi Komunitas Sesuai Hobi

KOMBO (Komunitas Motor Box) Pontianak, Kalimantan Barat adalah satu komunitas motor box (untuk semua merek motor, tidak terbatas kapasitas mesin maupun modelnya) menjadi komunitas sepeda motor yang cukup dikenal luas. Hal ini berawal dari ajang ngumpul-ngumpul para bikers yang berada di Kota Pontianak namun kemudian menjadi wadah dengan nama Komunitas Motor Box (KOMBO) untuk para bikers di kota Pontianak dan sekitarnya.

Menurut Bang Larvas Jallu dari KOMBO Pontianak mengatakan, “Awalnya sih ada beberapa motor yang sudah menggunakan box, akhirnya kami mengadakan kopdar (kopi darat) setiap hari jumat malam pukul 20.00 WIB. Selang beberapa minggu dari hari pertama kami kopdar, ada banyak teman-teman dari berbagai merek ikut gabung kopdar walau hanya sekedar ngopi. Tak di sangka antusias mereka sangat besar.”

“Seiring berjalan nya waktu, KOMBO di Kota Pontianak berkembang sangat pesat, semakin hari penggemar motor ber-box pun semakin bertambah. Tentunya kami sangat bangga dengan apa yang sudah kami perjuangkan sejak awal kini menuai hasil,” kata Bang Jallu.

Soal perselisihan dan beda pendapat antara KOMBO Pontianak dengan dengan beberapa komunitas atau klub motor yang lebih dulu sudah hadir di Kota Pontianak pun tak dapat dielakkan. “Sebenarnya perselisihan tersebut dikarenakan salah paham, dimana temam-teman dari beberapa club tersebut belum begitu mengetahui KOMBO itu apa dan bagaimana,” imbuh Bang Jallu.

“Tanggal 20 Maret 2015 kami sepakat untuk melakukan pertemuan terbuka di sebuah cafe mengundang temen-temen dari beberapa club untuk menanyakan duduk permasalahan dan memberikan sosialisasi tentang KOMBO. Saat itu pertemuan. Terjadi perdebatan sengit dan dari pada berdebat akhirnya KOMBO Pontianak pakai nama nama FPMB (Forum Pecinta Motor Box) Kal-Bar,” cerita Bang Jallu.

“Namun pada akhirnya kami di ijinkan mendirikan KOMBO, dengan semangat yang baru, saya mengumpulkan lagi teman-teman bikers yang masih semangat untuk membangun KOMBO Pontianak yang berdasarkan hobi dan bukan keharusan. Tanggal 29 Maret 2015 kami berkumpul lagi di Cafe untuk mensahkan berdirinya KOMBO di Kota Pontianak.

Bro DJ Areef sebagai Founder KOMBO mengatakan, “Sebenarnnya didalam rumah KOMBO itu tidak ada istilah merekut atau mencari anggota. Yang ada hanya wadah tempat ngumpul bikers dari semua merek motor sambil mengadakan kegiatan positif, diawali dengan jual-beli peralatan box, jual-beli aseories motor melalui facebook, dan akhirnya kopdar sekaligus touring bersama. Jadi sebenarnya setiap klub motor di daerah setempat ngga perlu kuatir atas kehadiran KOMBO di daerahnya.”

“Kalau memang cocok bergabung dengan KOMBO silahkan dilanjutkan, dan kalaupun tidak cocok silahkan cabut. Nah, seandainya pun masbro mau balik lagi ya tidak apa-apa juga. Saya mewakili KOMBO Indonesia sangat terbuka dan welcome buat siapa saja sahabat bikers yang ingin bergabung dengan KOMBO yang ada di daerahnya,” tutup Bro DJ Areef yang berada di Surabaya.

 

Your comment: