Kopdarnas IV KOMBO Indonesia: Menpora RI Ingin KOMBO Jadi Pelopor Keselamatan di Jalan

Sabtu malam (29/7), di Halaman Kemenpora, Senayan, Jakarta Pusat, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Imam Nahrawi bersama istri Shobibah Rohmah menghadiri puncak temu nasional aktivitas berbagai usia dengan dominasi anak muda pecinta motor bermodif box, bertajuk “Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) IV” Komunitas Motor Box (KOMBO) Indonesia. Kopdarnas dari seluruh daerah dimaksudkan untuk jalin persaudaraan dan persatuan, serta memperteguh visi misi sebagai pelopor keselamatan di jalan.

KOMBO Indonesia tidak hanya sekedar berkumpulnya sesama hobi dari sekian banyak orang-orang berbagai usia, namun lebih jauh memiliki visi misi yang layak mendapatkan penghargaan yaitu kesantunan di jalan dan ketaatan berlalu-lintas. Disisi lain, dominasi anak muda yang dibina untuk menjadi pelopor keselamatan berkendara dijalanan, sungguh komunitas yang pantas dihormati.

“Kehadiran saya disini, bukan hanya sekedar ingin bertemu, lebih dari itu sebuah penghargaan pemerintah bahwa KOMBO Indonesia adalah pelopor keselamatan dijalanan, apalagi dari sekian banyak ternyata didominasi anak muda, sungguh komunitas yang luar biasa,” sambut Menpora mengawali perjumpaan.

Berkumpulnya komunitas berbagai profesi dan usia dalam hobi yang sama dari daerah dan kota hampir seluruh provinsi Indonesia menunjukkan betapa persatuan, kekeluargaan, kebersamaan, senasib-sepenanggungan sebagai warga bangsa dijunjung tinggi.

Sebagai salah satu wujud persatuan dan kebersamaan jelang ulang tahun kemerdekaan Indonesia yang ke 72 tahun ini, Menpora mengajak semua menggemakan dan menggaungkan yel-yel, “72 tahun Indonesia Merdeka, Kerja Bersama, Bersama Kerja, Ayo Indonesia”. Dengan satu komando, seluruh komunitas langsung menggelorakan yel-yel tersebut dengan penuh semangat.

Sementara dalam laporannya, Admin KOMBO Indonesia Jarev Evo yang lebih dikenal dengan sapaan Om Jarev menyampaikan bahwa sampai saat ini hanya dengan hobi yang sama pecinta box di motor sudah terbentuk KOMBO di 90 kota dari 33 provinsi seluruh Nusantara.

“Inilah kita, meskipun hanya karena box kita dapat berkumpul bersama, rakyat berhak menikmati bahagia dengan hobinya, sekecil apapun kontribusi kepada pemerintah dan negara dengan menjadi pelopor keselamatan di jalan kita layak untuk diperjuangkan,” ucapnya.

Penghargaan kepada 3 tokoh dan inspirator KOMBO

Dalam kesempatan ini juga diberikan plakat penghargaan kepada 3 tokoh dan inspirator KOMBO, yaitu pertama, Steven Langitan, bikers yang telah naik motor hingga Himalaya dan membawa bendera Merah Putih. Kedua, Youk Tanzil, petualang Jelajah Nusantara dengan motor, yang ingin meninggalkan warisan kepada putra-putranya mengenal tanah air agar muncul nasionalisme dan patritisme. Ketiga, Rizal Amrullah, pembuka jalan di slah satu desa terpencil di wilayah Probolinggo sehingga kini ada sekolah dan menjadi desa wisata budaya.

Dipenghujung acara, Menpora menandatangani piagam Kopdarnas dan menyerahkan plakat penghargaan kepada ketiga tokoh tersebut ditas, dan diakhiri dengan pemberian cinderamata. Hadir pula Sekretaris Kemenpora Gatot S Dewa Broto, Plt Deputi Pengembangan Pemuda Jonni Mardizal, dan Stafsus Bidang Pemuda Zainul Munasichin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *