Touring Report: Sergio Sasmita Menikmati Jawa Bali Lombok Seorang Diri

Kembali Bro Sergio Sasmita mengirimkan email ke redaksi MotoBikerz.com dengan cerita serta pengalaman Solo Touring yang terinspirasi dari “Stephen Langitan”. Ia mengisi waktu liburan pergantian tahun 2017-2018 dengan cara Solo Touring 3 Pulau, yaitu Jawa – Bali – Lombok (NTB) menggunakan motor Honda CBR150R menempuh jarak 3.400 Km. Berikut ini kisahnya:

24 Desember 2017 pkl 14.00 WIB saya seorang diri berjalan menuju Kota Semarang melalui jalur utara yaitu Bekasi, Cikarang, Karawang, Subang, Cikampek, Cirebon, Tegal, Brebes, Pemalang, Kendal, Batang dan sampailah saya di Kota Semarang pkl 5.00 WIB dini hari. Saya pun bergegas untuk mencari penginapan untuk beristirahat dan melanjutkan perjalanan ke esokan harinya dan akhirnya saya menginap di salah satu penginapan yang berada tepat di tengah kota Semarang tepatnya dekat dengan Simpang lima

Keesokan harinya tepatnya pada tanggal 26 Desember 2017 saya melanjutkan menuju kota Probolinggo Jawa Timur, pada pkl 08.30 pagi saya meninggalkan kota Semarang Jawa Tengah dan terus melalui jalur Utara untuk sampai pada kota tujuan selanjutnya, tak disangka lampu utama motorpun mati pada pkl 20.00 malam di perbatasan Gresik-Surabaya dan saya berhenti di Rest Area untuk mengecek kerusakan pada motor saya.

Setelah di cek dan di bongkar ternyata saklar saya rusak dan sayapun bergegas untuk mencari bengkel terdekat, kurang lebih pkl 22.00 malam saya mencari bengkel yang buka hingga masuk ke kota Surabaya ternyata tidak ada bengkel yang bisa memperbaiki kerusakan pada motor saya tersebut, perjalanan pun terus berlanjut dengan tidak menggunakan lampu utama, rasa takut dan bahaya pun menghampiri saya.

Jam sudah menunjukan di angka 02.00 dini hari dan saya pun tiba di kota Pasuruan dan akhirnya saya mencari penginapan terdekat dan berjarak kurang lebih 700 meter terdapat bengkel AHASS. Pagi hari saya langsung membawa motor saya ke bengkel AHASS dan saya menunggu kurang lebih 1 jam untuk memperbaiki dan akhirnya hal yang di tunggu tunggu terjadi, yaitu lampu motor saya sudah bisa nyala hehehe.

Sekitar jam 09.00 WIB saya pun melanjutkan perjalan Solo Touring menuju Pelabuhan Ketapang untuk menyeberang ke Pulau Dewata(Bali) sekitar 6 jam dari Pasuruan menuju Banyuwangi saya mengendarai motor CBR150R dengan kecepatan tinggi berkisar 80 – 120 kpj dan pada jam 15.35 saya tiba dengan selamat di Pelabuhan Ketapang dan siap menuju Pulau Dewata.

40 menit berlayar menggunakan jasa penyebrangan ASDP saya dan CBR150R pun tiba di Pulau Dewata pada jam 17.10 WITA. Pada malam hari sayapun melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Padang Bai dan sekitar pkl 23.20 saya bersama motor CBR150R siap melakukan pelayaran menuju Pelabuhan Lembar (Lombok).

Pkl 00.30 kapal siap berlayar selama lebih dari 4 jam karena ombak yang besar serta angin yang kencang. Saat di kapal, saya mendapat teman baru bernama “Mas Did” dan beliau asli orang Lombok. Kamipun mengobrol dan beliau mengajak saya untuk ngopi dan beristirahat sebentar di rumah orang tuanya yang tidak jauh dari pelabuhan Lembar dan saya pun ikut bersama beliau untuk sekedar minum kopi dan beristirahat sebentar agar dapat melihat Pulau Lombok di pagi hari.

Jam 06.30 saya siap melanjutkan perjalanan menuju Kota Mataram dan pkl 09.00 WITA saya sudah tiba serta mendapat penginapan di tengah kota Mataram. Kemudian saya beristirahat hingga puas. Jam 14.30 saya terbangun dari tidur dan langsung bersiap-siap menuju Pantai Wisata Senggigih, dan saya menikmati keindahan alam Pulau Lombok dan merasa sangat bahagia.

Sore harinya saya pulang menuju penginapan dan tak lupa mencari makan sore di kota Mataram pun mencicipi nasi campur Lombok. Selesai makan saya menuju Taman Kota Sangkareang di tengah kota Mataram.

Sekembalinya ke penginapan saya tertidur dan melajutkan Solo Touring menuju pantai Selong Belanak, jalur yang di lewati terbilang cukup ekstrim karena melewati jalan baru dan beberapa bukit. Sesampainya di pantai Selong Belanak, saya dikenakan kontribusi wisata Rp.10.000 dan setelah masuk tak banyak kata yang saya ucapkan hanya kagum dan terkejut melihat keindahan ciptaan Tuhan yang satu ini.

Sehabis dari Pantai Selong Belanak saya menuju pantai yang tidak jauh dari Selong Belanak dan saya tidak tahu nama pantai itu karena sangat sepi pengunjung dan sayapun berada disana sendirian.

Waktu sudah menunjukan pukul 15.20 WITA saya pun harus bergegas menuju ke Kota Mataram yang jarak tempuhnya memakan 2 jam perjalanan tetapi sebelum pulang saya tidak melewatkan moment yang satu ini. Saya berfoto di atas bukit yang view nya langsung laut. Setelah dari sana saya langsung menuju ke Kota Mataram dan pulang ke penginapan untuk beristirahat.

Keseokan harinya saya meninggalkan Lombok dan berlayar kembali menuju Pulau Dewata. Pelayaran kali ini memakan waktu selama 4 jam dengan ombak yang tenang, dan pada pkl 15.10 saya mendarat di Pelabuhan Padang Bai Bali.

Di Bali saya memiliki seorang teman yaitu “bro Gerry” dia yang telah menampung saya selama 4 hari berada di Bali Terimakasih untuk bro Gerry. Hari pertama di Bali saya tidak kemana-mana karena kondisi badan yang kurang fit. Hari kedua tepatnya di penghujung akhir tahun 2017 saya menuju Denpassar Festival pada siang hari. Setelah itu saya menikmati pergantian tahun 2017-2018 di Pantai Kuta.

1 Januari 2018 pkl 01.40 WITA saya sampai dirumah bro Gerry dan sayapun beristirahat, setelah tertidur cukup lama siang harinya saya kembali berwisata ke Green Bowl Beach yang berlokasi tidak jauh dari Pantai Pandawa.

2 Januari 2018 saya kembali menuju Pantai, dan pantai kali ini adalah Pandawa Beach. Disana saya sendirian karena rekan saya yaitu bro Gerry sedang tidak enak badan.

3 Januari 2018 saya harus meninggalkan Pulau Dewata dan pulang menuju tempat tinggal saya yaitu Tangerang. Pagi jam 07.00 WITA saya berpamitan dan berterimakasih kepada bro Gerry yang telah menampung saya selama 4 hari. Jam 9 kurang 15 saya sudah berada di dalam kapal kali ini saya menggunakan KM DHARMA RUCITRA menuju pelabuhan Ketapang.

Dari pelabuhan Ketapang saya naik ke arah utara menuju kota Pasuruan dan turun ke Malang. Sesampainya di kota Malang sekitar pkl 17.50 WIB saya berisitirahat dan makan sore di Kota Malang. Kemudian dari Kota Malang saya melanjutkan Solo Touring saya ke Kota Tulungagung dan beristirahat disana.

Dari kota Tulungagung saya menuju Purworejo via selatan (Panggul – Pacitan – Wonosari – Yogyakarta) sampai di Kota Purworejo sekitar pkl 23.50 saya langsung mendapatkan penginapan dan beristirahat hingga pagi dan melanjutkan pulang ke Tangerang via selatan Jawa Tengah dan Jawa Barat (Kebumen – Cilacap -Tasikmalaya – Garut – Bandung – Bogor – Tangerang) dan akhirnya pun saya sampai dirumah dengan selamat pada 6 Januari 2018.

Touring kali ini dinamakan “Bike Expedition” memakan jarak tempuh kurang lebih 3.400 km dengan motor Honda CBR150r

Riders : Sergio Sasmita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *