Team Freestyle Loenpia Xtreme Semarang tunjukkan aksinya di Thailand

Prestasi yang cukup Gemilang di raih oleh Team Freestyle asal Semarang, Loenpia Xtreme Semarang belum lama ini berhasil menorehkan namanya sebagai team besar dan terbaik yang dimiliki oleh Indonesia khususnya kota Semarang.

Komunitas/Team yang dibentuk pada tanggal 9 Juni 2006 berhasil meraih juara II, mewakili Indonesia dalam ajang Kejuaraan Freestyle Kompetisi di Thailand yang di beri nama Burapa Battle Stunt #9 di Sport Arena Chaiyapruek, Pattaya Thailand pada 9 – 10 February kemarin.

4 kemampuan atau 4 Tehnik Basic Skill peserta Indonesia yaitu Wheelie, Stopie, BurOut dan Acrobatic dapat mengantarkan team ini menjadi juara dan hebatnya Juri menilai kemampuan skill peserta Indonesia lebih matang dan bervariasi di bandingkan peserta dari Negara lain.

“Ini kompetisi tahunan, dan sudah 9 kali di gelar dan Kita baru pertama ini mengikutinya”, kata ketua Loenpia Xtreme Semarang, Choirul Syaifudin. Pria yang akrab di sapa Aroel tersebut menjelaskan, ada 4 kelas kategorie di kejuaraan tersebut yaitu; Small Bike ( 100-150cc ), Medium Bike ( 200- 500cc ), Big Bike ( 600cc Up ), dan Long Stoppie ( Free for all . Rider dari Team Loenpia mengikuti kelas MediumBike dan long Stoppie.

“4 Kemampuan, kata dia harus dikembangkan dengan koregrafi dan konsep yang baik. Di Kejuaraan tersebut mereka belajar tentang cara penilaian yang berbeda dengan saat di Indonesia dan harus bener bener mengerti system penilaian yang disampaikan oleh juridan aturan yang bisa mengurangi point dan diskualifikasi. Contohnya, saat rider kami sempat terkena diskualifikasi saat melakukan long stopie,”paparnya.

Di Thailand, ban depan harus sampai dengan jarak yang ditargetkan panitia, ban belakang tidak boleh menyentuh pembatas, jika di Indonesia diukur dari ban belakang, saaat mulai di angkat dan diukur ban mendaratnya, sepeda motor di maneuver atau tidak bukan jadi masalah.

Pembatas di Thailand kebetulan menggunakan barrier betton, jadi jika rider saat Stoppie sepeda motornya maneuver dan ban belakangnya  menyentuh barrier dengan batas yang ditentukan maka peserta di diskualifikasi.

Salah satu rider yang saat ini lagi On Fire di Indonesia yang dimiliki Team Loenpia bernama Ghanni Grimaldi, dan biasa di sapa Ghani. Atlet berumur 18 tahun ini telah mempersiapkan diri mulai dari kemampuan mengendalikan sepeda motor, fisik, dan mental. Ghani tinggal di Surakarta, meskipun sudah sering mengikuti kejuaraan, keadaan pertandinagn di negara lain sangat lah berbeda dengan Negara sendiri, mental dan fisik harus di utamakan.

Team Loenpia Xtreme Semarang berangkat ke Thailand di fasilitasi oleh PT. Duta Putra Perkasa Pratama dan PT.King Food ini selain akomodasi disana juga menyiapkan fasilitas berupa pengadaan unit motor Yamaha MT 03 – 300cc. Sepeda motor ini di atur ulang di system pengereman.

Ghani merupakan juara Terbaik Indonesia 2017, sebelumnya ia menjadi juara ke II di kejuaraan International Asean StuntDay yang dieselanggarakan di Indonesia 2016, DIa juara setelah seniornya Wawan Tembong dan kejuaraan di luar negri ini merupakan yang pertama kali di ikutinya

Pada kompetisi Freestyle Suryanation Motorland 2017, Ghani Juara 1 dalam enam seri dari delapan seri yang digelar dan Ghani juga di nobatkan sebagai The Best Stuntrider 2017 di kejuaraan Corsa Experience Challenge di Grand Final yang dilaksanakan di Klungkung Bali. Indonesia menurunkan 3 Rider dalam kejuaraan ini, Selain Ghani dari Team Loenpia Semarang ada juga Wawan Tembong dan Wahyu Nugroho dari Team Boyolali.

Kasubdit Resmob Polda Metro Jaya membina team Loenpia Xtreme. ”Tujuan kita adalah mencari pengalaman , karena ini baru pertama kali ke luar negri dan mencoba untuk adu kemampuan dengan peserta dari Negara lain,”paparnya

Aroel mengungkapkan, Loenpia Xtreme di bentuk atas dasar hobi dengan visi dan misi yang sama oleh nya dan kawannya yakni Tito, Andri, Oky, Anton. Saat ini yang masih aktif adalah Aroel dan Tito. “ kami di 2017 telah mengikuti sebanyak 53 acara, sebagai bintang tamu maupun kompetisi.

Pihaknya berharap, pecinta freestyle sepeda motor Indonesia, khususnya team loenpia Xtreme Semarang lebih di perhatikan lagi perkembangannya dan jenjang ke depannya oleh pemerintah daerah, IMI, dan Koni. Sehingga saat mengikuti kejuaraan Nasional dan International bisa lebih di mudahkan.

One thought on “Team Freestyle Loenpia Xtreme Semarang tunjukkan aksinya di Thailand

  1. ini keren sih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *