Ayo Kibarkan Merah Putih, Jakarta – London 30.000 Km 26 Negara

Pada akhirnya saya (Stephen Langitan) mengumumkan secara resmi perjalanan pertualangan seorang diri yang berikutnya dengan jarak tempuh yang lebih jauh lagi, yaitu Solo Ride Adventure Jakarta – London yang akan menempuh jarak sejauh 30.000 Km dan melewati 26 Negara.

Rencana perjalanan Jakarta – London ini telah disusun secara matang sejak 6 bulan lalu tepatnya dari bulan September 2017 yang lalu, dan segala persiapan hingga artikel ini ditulis sudah mencapai 90%. Untuk jadwal keberangkatan atau start, jika Tuhan memberi izin akan dilaksanakan hari Minggu 25 Maret 2018.

AYO INDONESIA, KIBARKAN MERAH PUTIH

Latas belakang atau visi dari perjalanan Solo Ride Jakarta – London ini sarat dengan nilai-nilai Kebangsaan dimana saya ingin mewujudkan atlit pertualang Indonesia “World Tour Rider” asal Indonesia lebih banyak lagi, mampu berpetualang seorang diri dengan motor berkeliling dunia.

Pada event kali ini saya ingin membangunkan “Semangat Juang” anak muda “Ayo Indonesia, Kibarkan Merah Putih” sambil membawa pesan dan salam “Persaudaraan Tanpa Batas (Brotherhood Has No Border)”.

Target Finish 17 Agustus di London

Target saya adalah finish di kota London tepat pada tanggal 17 Agustus 2018. Jadi rencana ketibaan saya di London nanti pada 17 Agustus tersebut akan menjadi hadiah terbesar dari saya untuk Republik Indonesia.

Selama perjalanan dalam waktu 145 hari dengan melewati banyak kota dan desa di berbagai negara, saya memiliki misi yaitu:

  1. Membawa bendera Indonesia sekaligus membuktikan bahwa kegiatan olah raga sepeda motor bukan hanya sekedar balapan, tetapi juga sebagai kegiatan petualangan yang sekaligus menjadi jembatan “Persahabatan Lintas Negara”.
  2. Mewujudkan inspirasi bagi pemuda Indonesia untuk menjelajah dunia seorang diri dengan tujuan membawa “Salam Persaudaraan Indonesia” bagi masyarakat dunia.
  3. Membuktikan semangat dan tekad seorang warga negara Indonesia yang siap menghadapi berbagai rintangan, alam maupun perbedaan sosial dan budaya dari berbagai negara.

Mengingat perjalanan ini sangat jauh serta melewati berbagai kondisi jalan yang sangat bervariasi (on road/off road), maka sayapun harus pandai-pandai memilih sepeda motor yang tepat.

Akhirnya saya memilih Kawasaki Versys-X 250 Tourer dengan alasan karena motor ini memang sangat cocok buat perjalanan jauh, desain bodinya pas buat turing jauh, ringan, nyaman dan enteng dikendarai, serta mengusung mesin 250cc yang powerfull nan irit. Yang lebih penting memiliki kapasitas bensin 17 liter serta fitur-fitur yang sangat lengkap.

Bagaimana dengan biaya perjalanan, berapa besar? Serta bagaimana dengan pengadaaan motor Versys diatas? Apakah saya harus beli motor baru?

Untuk menjawab masalah biaya perjalanan ini maka sayapun menyusun perhitungan untuk mendapatkan anggaran biaya seluruhnya. Yang paling penting adalah mencatat segala biaya atau pengeluaran yang akan terjadi, contohnya seperti tabel dibawah ini:

1 1 unit motor KAWASAKI VERSYS-X 250 TOURER
2 3 set Ban (3 kali ganti)
3 Visa Documents
4 Travel Insurance
5 Bensin
6 Makan
7 Penginapan
8 Permit Thailand
9 Permit Myanmar
10 Naik Kapal dari Tanjung Balai ke Port Klang
11 Biaya Buku Carnet
12 Biaya Service Motor
13 Biaya Asuransi Motor + Jaminan Third Party Liability
14 Biaya SIM Card (beda tiap negara)
15 Biaya jalan TOL & Parkir
16 Biaya Banner/spanduk/stiker/topi/t’shirt
Pulang
17 Angkut Motor dari London ke Kuala Lumpur
18 Tiket pesawat pulang dari London ke Jakarta
19 Tiket pesawat dari Jakarta ke Kuala Lumpur (ambil motor)
19 Biaya custom pelabuhan ambil motor di Port Klang
20 Naik Kapal dari Port Klang ke Tanjung Balai
21 Perjalanan dari Tanjung Balai ke Jakarta

KERJA SAMA SPONSOR

Saya menyadari sepenuhnya bahwa saya tidak mampu menutup semua biaya tersebut. Kemudian saya berpikir untuk bekerja sama dengan perusahaan dengan cara sponsorship. Hal ini saya lakukan dengan membuat proposal kemudian diajukan kepada perusahaan diawali dengan janji audiensi, tatap muka, dan juga presentasi.

Semua hal yang diperlukan untuk melancarkan misi Solo Ride Jakarta – London saya harus jalani dengan proses melalui kekuatan doa dan kesabaran. Puji Tuhan pada akhirnya untuk urusan sponsorship dari perusahaan, maupun dukungan dari Pemerinah Republik Indonesia, serta dukungan dari klub/komunitas dapat berjalan dengan lancar.

Akhir kata terima kasih yang sebesar-besarnya kepada KOMBO Indonesia (Komunitas Motor Box Indonesia) dan FREERIDERS INDONESIA, pasalnya kedua nama ini saya bisa katakan sebagai partner atau pendamping saya untuk kelancaran proses audiensi sampai ke tingkat kementerian. Luar biasa!

Kini, perjalanan Kibarkan Merah Putih Solo Ride Adventure Jakarta – London 30.000 KM hanya menunggu hari H, yaitu start akan dari sebuah lokasi yang masih dirahasikan pada hari Minggu 25 Maret 2018. Nantikan artikel berikutnya.

VIDEO SERAH TERIMA MOTOR

PHOTO

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *