Kesan Pertama Riding Suzuki NEX II: Lincah & Stabil

Atas undangan PT Suzuki Indomobil Sales, Motobikerz berkesempatan untuk mencoba skutik entry level andalan mereka yakni Suzuki NEX II pada Selasa (10/07/2018). Sebanyak 20 unit skutik #kerencarabaru disediakan PT SIS untuk diajak rekan media ‘berkutat’ menikmati kondisi lalu-lintas Jakarta dan sekitarnya sejauh 45-an kilometer dari Kemang, Jakarta Selatan ke Alam Sutera, Tangerang Selatan.

Suzuki NEX generasi awal pernah mengantongi piagam Rekor MURI sebagai skutik paling irit konsumsi BBM (79,6 km/liter) pada 20 Oktober 2011 silam. Namun pada kesempatan ini, Motobikerz dan rekan jurnalis lainnya tidak melakukan pengukuran konsumsi BBM Suzuki NEX II.

Seusai briefing, Suzuki NEX II yang dipasarkan dengan harga mulai Rp 13,95 juta OTR Jakarta ini langsung diajak melewati lalu-lintas dan kontur jalan yang variatif menuju Tangerang via Jalan Antasari – Lebak Bulus – Pondok Cabe – Pamulang – ICE BSD – Alam Sutera. Rute ini sengaja dipilih untuk merasakan performa dari mesin injkesi 113cc SOHC 2 valve. Terbukti akselerasi motor cukup mumpuni dimana tenaga tetap terisi di setiap putaran gas.

Ketika motor memasuki kawasan ICE BSD yang relatif lengang, jarum speedometer mudah mencapai angka 60-an km/jam, top speed belum tercatat karena test ride ini tidak boleh melewati Patwal.

Dari sisi kemampuan bermanuver, motor ini tetap lincah namun lebih stabil dibandingkan Nex generasi pertama. Hal ini disebabkan bobot kosong Suzuki NEX II 96 kg (lebih berat dari sebelumnya hanya 87 kg).

Tidak itu saja, dimensinya kini sedikit bertambah yakni: panjang (1.890 mm), lebar (675 mm), dan tinggi (1.045 mm) dibandingkan dengan NEX generasi1 yang memiliki dimensi: panjang (1.850 mm), lebar (665 mm), tinggi (1.035 mm).

Suspensinya mungkin agak keras jika dibandingkan kompetitor di kelasnya. Kerasnya suspensi terasa saat melewati jalan Ciater Barat yang bergelombang, namun konsekuensi suspensi keras terbayarkan dengan kelincahan dan stabilitas prima saat diajak ‘merebah’. Skutik ini pun sukses memberi impresi ‘Lincah & Stabil’ kepada Motobikerz.

Desainnya yang futuristik Suzuki NEX II hadir dengan beragam varian (Standard, Sporty Runner, Fancy Dynamic, Elegant Premium) dan pilihan warna yang pas dan ‘eye catching’ saat membelah kemacetan Ibukota.

Kehadiran Suzuki NEX II bisa menjawab selera konsumen ‘jaman now’ yang ingin punya motor keren harga terjangkau tapi mampu memberikan performa dan kemampuan bermanuver yang lincah dan stabil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *