Mario Iroth Wheel Story 5: Jelajah ‘Negeri 1000 Danau’ Finlandia

Usai tiba di Nordkapp, Norwegia, memasuki hari ke-290 dengan total jarak tempuh 35.589 kilometer, sang petualang bermotor, Mario Iroth kembali melanjutkan perjalanan ‘Wheel Story 5’ menuju ‘Negeri 1000 Danau’ Finlandia. Mario pun kembali meceritakan kisahnya selama dia berada di Finlandia. Mulai dari bertemu orang Indonesia hingga mampir ke Santa Claus Village!

Check out dari penginapan dekat Nordkapp sudah siang, langsung melanjutkan perjalanan menuju arah selatan, hari itu cuaca cerah, sekitar 275 km berkendara tampak signboard dengan tulisan ‘Suomi’ disinilah batas negara Norwegia dan Finlandia. Saya pun berhasil menambah koleksi negara jelajah bermotor saya. Finlandia menjadi negara ke 44 petualangan Wheel Story.

Pertama kali masuk Finlandia memang tidak berbeda dengan negara-negara Scandinavia sebelumnya, riding di Finlandia di 50 km pertama jalan raya yang sepi dan jalan bergelombang sambil tercium aroma pinus dan sesekali terlihat rusa nyebrang jalan atau mencari makan di tepi jalan. Dan sampai sore tiba kita kemping di hutan pinus dekat kota Inari.

Mario mengunjungi rumah Santa Claus

Hari berikutnya kami lanjutkan petualangan mengikuti jalan mulus kearah selatan hingga Rovaniemi, dimana di kota ini Santa Claus berasal. Kami kunjungi rumah Santa Claus namun agak sedikit berbeda karena rumah yang tepat berada di arctic circle ini lagi tidak bersalju, bikin gerah dan keringatan, musim panas kali ini benar-benar panas di arctic circle hingga mencapai 31°C, sungguh tidak normal. Banyak orang disini juga mengeluh akan cuaca panas kali ini. Sambil berteduh kami juga sempat ngobrol dengan rombongan motor lainnya yang juga istirahat disana.

Kami pun terus bergerak hingga masuk ke Helsinki, kota yang indah dan penuh bangunan tua ini benar-benar keren. Kamipun mampir ke KBRI Helsinki dan melakukan presentasi perjalanan Wheel Story di depan staff KBRI Helsinki dan masyarakat Indonesia yang hadir

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *