Wheel Story 5: Jelajah Eropa Tengah

Puas mengeliling Eropa Utara (Norwegia dan Finlandia, dan Baltic) pada pekan lalu, perjalanan Mario Iroth dalam ‘Wheel Story 5’ kini memasuk hari ke-305 dengan total jarak tempuh 37.301 kilometer. Saat ini Mario siap untuk menjelajah Eropa Tengah. Berikut kisahnya.

Kami masuk Polandia melewati border bagian utara yang berbatasan dengan Lithuania. Pagi itu cuaca sedikit berawan dan kami sarapan di kota Suwalki di salah satu makanan cepat saji, motor kami menarik perhatian warga disekitar restauran karena plat nomor yang berbeda dari biasanya. Sampai ada satu keluarga meluangkan waktu untuk ngobrol bareng dan foto bareng juga. Nampak hari mulai siang, perjalanan dilanjutkan hingga matahari hampir terbenam, kami putuskan untuk kemping di kawasan hutan pinus yang terdapat kawasan untuk kemping bernama Caritas, sekitar 80 km di utara kota Warsawa.

Hari berikutnya kami pun mampir di kantor PZM (Polski Zwiazek Motorowy) sebuah asosiasi motor di Warsawa, di kantor tersebut saya memperpanjang Carnet de Passage motor saya, karena kebetulan sudah hampir habis masa berlaku setelah hampir setahun berpetualang. Akhirnya kepala kantor PZM memberikan perpanjangan Carnet saya selama 6 bulan kedepan. Ini merupakan berita baik.

Selanjutnya saya langsung gas menuju Piotrkow Trybunalski. Disana saya berjumpa kembali dengan sahabat saya Przemek yang pernah riding bareng waktu Wheel Story season 3 dari Bandung ke Paris 3 tahun lalu. Kami pun tinggal beberapa hari di rumah Przemek sambil ganti ban motor sekaligus berbagi pengalaman dengan keluarga sahabat saya.

Tujuan berikutnya saya mengunjungi Krakow yang merupakan salah satu kota tua di Polandia. Terkenal karena gaya bangunan kuno dan menjadi pusat pemerintahan Polandia pada tahun 1038. Dan tak jauh dari sana di sebelah barat juga kami kunjungi ‘Auschwitz concentration camp’ yang mempunyai sejarah kelam pada dunia perang kedua. Sampai matahari terbenam saya memutuskan untuk kemping di dekat perbatasan dengan Ceko.

Saya memulai petualangan dengan cuaca cerah berlatar belakang pegunungan hijau yang asri dengan jalanan berliku, Banyak desa-desa kecil dan reruntuhan Kastel. Inilah Slovakia, surganya para pemotor di Eropa bagian tengah. Petualangan di Slovakia belum lengkap kalau belum mengunjungi salah satu kastel tua. Hari yang cukup gerah ini saya putuskan untuk mengunjungi Spiš Castle, yang merupakan salah satu kastel terbesar pada abad ke-12 di Eropa bagian tengah dan sudah masuk dalam daftar UNESCO.

Setelah itu saya lanjut berkendara mengikuti GPS ke arah timur hingga membawa saya ke tempat kemping yang luar biasa indah, berada di antara pegunungan hutan pinus dan desa kecil dan dari depan tenda saya menyaksikan sunset yang indah dan menutup petualangan Wheel Story di Slovakia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *