Mewujudkan Kapal Ferry RoRo rute Dumai-Malaka

DCIM100MEDIADJI_0388.JPG

Layanan penyeberangan laut dengan kapal Ferry RoRo antara Dumai – Malaka (107 km) yang semula akan beroperasi di tahun 2020 sepertinya bakal mundur akibat wabah COVID-19 yang sedang melanda dunia dan negara ASEAN.

Pada hari Minggu, 30/8/20 para bikers Indonesia mengadakan acara Dengar Pendapat “ZOOM Meeting” dengan Anggota Komisi 5 DPR RI, Sukur H. Nababan yang menyampaikan pendapat agar kehadiran fapal ferry roro Dumai-Malaka ini dapat segera diwujudkan.

Pada acara meeting online tersebut juga mendengarkan secara langsung informasi tentang kemajuan pembagunan pelabuhan dan terminal kapal ferry RoRo dari Dirjen Perhubungan Darat RI, Budi Setiyadi.

Untuk selanjutnya silahkan simak video dibawah ini, yaitu tentang apa dan bagaimana kapal ferry RoRo yang dinantikan oleh para bikers Indonesia yang ingin berkelanan atau touring keluar negeri tersebut. Mungkingkan hal ini terwujud dalam tahun 2020 ini atau mundur ke tahun berikutnya?

Pada prinsipnya tim Kemenhub RI memeriksa kesiapan sarana dan prasarana di dua pelabuhan yang ada di Dumai, yaitu pelabuhan Pelindo 1 cabang Dumai dan Pelabuhan Dumai Berseri yang dioperasikan oleh Pemkot Dumai dan Pemprov Riau.

Pelabuhan Pelindo I memiliki fasilitas yang memadai. Ada terminal penumpang, imigrasi, bea cukai dan karantina serta keamanan dan parkir. Namun terminal penimpang masih menyatu dengan terminal lain yang melayani barang dan curah cair.

Sementara Pelabuhan Dumai Berseri memadai dari segi kedalaman kolam, terminal penumpang, fasilitas parkir, gedung kantor pelayanan. Dumai Berseri juga sudah melayani kapal Ro-Ro rute Dumai – Rupat. Namun memerlukan penambahan pelayanan Bea Cukai, Imigrasi, Karantina dan Keamanan (CIQP) sebagai syarat untuk melayani rute internasional.

Rute RoRo Dumai-Malaka adalah salah satu Proyek yang diusulkan dalam MTWG dan menjadi prioritas dalam The Master Plan on ASEAN Connectivity dan Brunei Action Plan. Selanjutnya, kesiapan Rute ini akan dibahas detil pada pertemuan IMT-GT, 19 – 20 Juli 2019 di Palembang, Sumatera Selatan.

Calon operator roro, PT ASDP Ferry (persero) menyiapkan dua Kapal Ro-Ro KMP JATRA 1 dan KMP BELANAK, dan siap menjalin kerjasama dengan pihak pemda dalam operasional pelabuhan. Penyeberangan Dumai – Malaka (107 km) dapat ditempuh dalam 5 hingga 7 jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *