Mario Iroth Terdampar di Mexico? Ini Alasannya..

Dengan menggunakan Honda CRF1000L Africa Twin, Sang Penjelajah Bermotor Mario Iroth tengah melakukan perjalanan dengan tagline Wheel Story Season 6 mengarungi wilayah Benua Amerika yang mengawali perjalanannya dari Chili. Berikut cerita perjalanannya saat sudah menempuh total jarak 27.263 Km, memasuki hari ke-545, ketika memasuki wilayah Mexico (Meksiko).

Setelah seminggu menikmati Guatemala, akhirnya saatnya untuk pindah ke negara lain. Kali ini Mexico menjadi destinasi selanjutnya, masuk dari perbatasan La Mesilla bagian selatan Mexico di provisi Chiapas. Uniknya, setelah keluar dari Guatemala saya gak langsung ketemu sama gedung imigrasi Mexico, tapi harus riding lagi sekitar 4 Km, karena gedung imigrasi sama custom ada di kota Cuauhtemoc.

Dan proses buat dapetin visa Mexico gampang dan cepat, tapi masalah datang ketika saya mengurus TIP (Temporary Import Permit) buat motor di custom malah gagal dapat TIP karena nama tidak sesuai di STNK motor dan paspor saya, alhasil saya ketahan nih di Mexico, mau balik Guatemala harus ngurus visa lagi. Situasi malah jadi ribet, malam itu pun saya cari hotel dulu dekat perbatasan.

Pada hari berikutnya saya didatangi oleh biker lokal di Mexico, setelah mendengar berita saya tertahan di border lewat group Whatsapp biker di Mexico. Kedua biker itu adalah Ariel dan Gabriel yang memang rumahnya gak jauh dari perbatasan ini. Malah saya diajak tinggal di Rumahnya Ariel di Frontera Comalapa biar lebih irit dan ada teman ngobrol sambil kita cari solusi bareng-bareng.

Nah Ariel dan Gabriel juga gak mau saya cuma diam di rumah aja, mereka pun ngajak saya riding di sekitaran Chiapas buat nikmati keindahan daerahnya. Pertama diajaklah saya ke Lago de Colon sekitar 40 Km dari Comalapa, disana ada danau yang airmya jernih banget, tempatnya asik dan suasana alamnya menyegarkan, sampai saya diajak berenang di salah satu lagoon yang airnya bening dan fresh.

Sebagai penutupnya, kita makan ikan nila goreng di restoran sekitar danau Colon. Pada hari berikutnya saya diajak riding lebih jauh lagi, kali ini ke arah Comitan sekitar 95 Km, tapi karena saya belum memiliki TIP, jadinya Gabriel pilih lewat jalan kecil buat menghindari jalan raya. Setelah 3 jam berkendara, sampailah kita di Cascadas el Chiflon atau air terjun Chiflon yang spektakuler.

Tingginya air terjunnya sekitar 150 meter dan terlihat bertingkat dikelilingi hutan dengan udara sejuk yang bikin suasana jadi betah banget. Luar biasa kawan-kawan biker Mexico ini yang rela meluangkan waktu buat menghibur biker luar seperti saya, walau belum bisa bebas bermotor di Mexico karena terkendala surat izin.

Disini juga Ariel sudah menemani saya lima kali balik ke Custom buat menghadap ke Banjercito untuk pengajuan ijin motor saya, setelah ada bantuan dari KBRI Mexico City tapi tetap aja belum berhasil.

Hari demi hari pun berlalu dan sudah mau menjelang akhir tahun, di Utara sudah mulai memasuki musim gugur dan udara pun mulai dingin, bahkan dinginnya di utara terasa sampai Mexico, artinya kalau dipaksakan bermotor ke utara bakal ketemu winter juga yang jadinya gak nyaman dan berbahaya buat perjalanan nanti. Apa boleh buat, saya putuskan menyewa sebuah rumah di Comitan untuk beberapa bulan kedepan sambil cari solusi biar pertualanganku terus berlanjut sampai ke garis finish di Alaska nanti.

Sumber Artikel

Your comment: