Mau Modifikasi Honda CB150X? Baca artikel ini..

Bagi para bikers penyuka adventure yang sering menjelajah di medan jalan yang ekstrim, kehadiran Honda CB150X sudah cukup mumpuni untuk mereka pakai menjalankan hobinya tersebut. Pionir motor touring adventure 150 cc pertama di Indonesia ini memang punya desain layaknya motor touring, serupa dengan Honda CB500X.

Dari segi desainnya mengusung gaya new adventure, dengan ciri khas ground clearance tinggi, lampu utama yang dilengkapi paruh, hingga windscreen dan undercowl. Juga memiliki shroud dual layer dengan desain yang lebih besar dan sporty.

Menggunakan rangka tipe diamond berbahan baja, dengan panjang keseluruhan 2.031 mm, lebar 796 mm, serta tinggi 1.309 mm. Jarak sumbu rodanya 1.315. Dilengkapi suspensi depan Upside Down (USD) merek Showa ukuran 37 mm, dengan stroke 150 mm demi menunjang kenyamanan dan kestabilan di berbagai medan jalan. Suspensi belakangnya menggunakan suspensi tunggal dengan sistem Pro-Link.

Meski dengan beragam keunggulannya sebagai motor adventure, tetap saja ada bikers akan memodifikasi jika telah memilikinya. Salah satunya seperti memasang tambahan Crashbar untuk melindungi atau meminimalisasi dampak jika terjadi crash atau benturan akibat kecelakaan.

Founder CB150X Adventure.id Brad Rial Hamzah menyampaikan, jika ingin menambah Crashbar masih mudah, karena barang-barangnya banyak yang sudah ready stok tidak perlu indent atau tidak perlu custom. “Apalagi Crashbar untuk CB150X, sudah ada dari Coriaz yang ready stock,” jelasnya.

Brad Rial menyebutkan, modif yang kerap dilakukan pada CB150X juga pada penambahan lampu, pemasangan bracket box, pasang handguard, ganti footstep aluminium. Kemudian ada juga memasang GPS Phone Holder, mengganti standar samping dengan yang lebih tinggi, ganti ban dualpurpose dan box sesuai selera atau kebutuhan.

Dalam hal mencari bengkel untuk memodif CB150X, Brad Rial menyarankan carilah yang sudah berpengalaman menangani motor adventure. “Pastikan juga jejak rekamnya untuk memastikan memang sudah berpengalaman. Cari bengkel yang ready stok aksesorisnya, jadi motor tidak perlu di custom seperti dibuatkan molding atau cetakan untuk menghindari motor dijadikan sebagai kelinci percobaan,” lanjut Brad Rial.

Dia menambahkan, untuk saat ini ada salah satu workshop atau bengkel yang sudah siap membantu para pemilik CB150X jika ingin merubah atau modif motornya, bisa ke Syndicate Motor Indonesia (SMI) yang berada di Jl. Laksamana Malahayati No.12 Cipinang Besar Selatan, Jakarta Timur. “Produk dari SMI untuk CB150X bergaransi serta sudah plug and play,” tutup Brad Rial.

Your comment: