#Cari_Aman Naik Motor Jangan Pakai Sendal Jepit!

Belum lama ini ramai beredar di social media perihal akan adanya penindakan penilangan terhadap pengendara sepeda motor yang memakai sendal jepit saat berkendara. Menanggapi hal tersebut, Kepala Subdirektorat Penegakan Hukum (Kasubdit Gakkum) Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Jamal Alam menegaskan, penggunaan sendal jepit saat mengendarai sepeda motor tidak akan kena tilang.

Seperti yang disampaikannya kepada Kompas.com, Rabu (15/6) bahwasannya jika berkendara dengan sepeda motor dengan memakai sandal jepit bukan merupakan larangan dan pelanggaran lalu lintas. “Penggunaan sandal jepit pada saat mengendarai sepeda motor bukan merupakan pelanggaran lalu lintas, sehingga tidak bisa ditilang,” ujarnya.

Jamal menambahkan, larangan penggunaan sandal jepit saat berkendara lebih bersifat sebagai suatu himbauan yang lebih baik dilakukan demi keamanan dan keselamatan berkendara. Karena mengenakan sepatu saat berkendara roda dua akan lebih aman melindungi kaki dari gesekan atau sewaktu terlibat kecelakaan di jalan.

Hal senada juga disampaikan Brad Sultan Habib Noor, Ketua Umum Honda Streetfire Club (HSFC) Sumatera Utara (Sumut). Menurutnya, memakai sendal jepit saat riding sudah pasti tidak aman dan sangat berbahaya. Meski berkendara jarak dekat ataupun jauh, resiko yang diakibatkan pasti ada jika tidak safety dengan tidak memakai sepatu.

“Keamanan berkendara itu nomor satu, dari ujung kaki sampai ujung kepala. Apalagi kaki yang paling dekat dengan aspal dan memiliki resiko cedera yang cukup tinggi. Karenanya, sebagai pengendara sepeda motor kita wajib mengutamakan keselamatan saat berkendara agar tetap #Cari_Aman,” ujar Brad Sultan, peraih Juara 1 Kategori Advisor Community yang mewakili Main Dealer Honda PT Indako Trading Coy di ajang Astra Honda Virtual Safety Riding Instructors Competition 2021 lalu ini.

Brad Sultan pun mendukung adanya himbauan dari pihak kepolisian yang melarang pengendara sepeda motor memakai sendal saat riding. “Itu merupakan suatu tindakan yang sangat baik dari pihak kepolisian dalam upaya untuk menjaga keamanan dan keselamatan berkendara. Agar mengurangi angka resiko akibat kecelakaan yang mana paling banyak didominasi oleh pengendara sepeda motor,” lanjutnya.

Sebagai salah satu bikers Indonesia, Brad Sultan pun selalu berusaha untuk menjunjung tinggi safety riding dan menjadi pelopor keselamatan berlalulintas untuk masyarakat luas.

Your comment: