The 11th Indonesia Cellular Show (ICS), 4-8 Juni 2014 di JCC Senayan

image005

The 11th Indonesia Cellular Show (ICS) hari ini resmi dibuka oleh Dr. Muhammad Budi Setiawan, Direktur Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, bersama dengan Alexander Rusli, Ketua Umum Asosiasi penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI).

Pameran yang sudah memasuki tahun kesebelas ini akan digelar selama lima hari pada 4 – 8 Juni 2014 di Cendrawasih Hall & Main Lobby Jakarta Convention Center (JCC). Menempati luas area 7.500 m2, ICS menampilkan 26 perusahaan yang terdiri dari terdiri dari 4 operator seluler, 16 vendor seluler, serta 6 perusahaan pendukung dan aksesoris. Panitia penyelenggara berharap pameran kali ini dapat dikunjungi oleh 150.000 pengunjung.

Dr. Muhammad Budi Setiawan menyampaikan bahwa Kementerian Komunikasi dan Informatika menyambut baik pelaksanaan ICS yang ke-11 ini karena merupakan peningkatan dan pengembangan dari kegiatan serupa yang telah berlangsung sukses secara rutin setiap tahun, juga karena kegiatan ini searah dengan program kerja dan kemajuan pembangunan telekomunikasi yang telah, sedang, dan akan dilakukan oleh seluruh jajaran Kementerian Kominfo.

Sejalan dengan optimisme pemerintah Indonesia dalam membangun industri telekomunikasi tanah air, Alexander Rusli, Ketua Umum ATSI juga menyampaikan bahwa pentingnya untuk memperkuat daya saing para pelaku industri ini di Indonesia. ATSI terus berkomitmen untuk memajukan telekomunikasi nasional.

“Kami juga akan terus memperkuat kerjasama antara pelaku industri ini, baik regulator maupun operator guna mewujudkan kualitas layanan yang semakin baik untuk masyarakat pengguna telekomunikasi. Hingga pada akhirnya juga memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia,” jelas Alexander Rusli.

“Seiring dimulainya ASEAN Economic Community (AEC) atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada akhir 2015 mendatang, para pelaku industri TI di Indonesia harus terus berpacu untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat. Para pemain di industri TI Indonesia harus mempersiapkan diri untuk meningkatkan kapabilitas dan daya saing dengan memperdalam wawasan tentang konsumen di Indonesia serta meningkatkan kualitas dan kapasitas sumber daya manusianya,” tambahnya.

Selamat Datang di Era Gaya Hidup Digital

Era digital saat ini memberikan peluang menjanjikan bagi tumbuhnya industri kreatif di Indonesia, oleh karena itu dengan mengusung tema “Welcome to Digital Lifestyle”, event ini diharapkan dapat memberikan informasi yang berguna bagi masyarakat tentang perkembangan telekomunikasi di Indonesia, sehingga masyarakat juga menjadi konsumen yang cerdas.

Alexander Rusli mengatakan bahwa melalui penyelenggaraan ICS 2014, ATSI berharap industri telekomunikasi dapat menghasilkan sumbangsih nyata bagi peningkatan pertumbuhan ekonomi Indonesia dan kesejahteraan masyarakat.

ICS 2014 akan dimeriahkan pula dengan berbagai program pendukung unggulan seperti Opening Ceremony, Diskusi Panel ATSI dengan tema “Penyalahgunaan Penguat Sinyal Seluler: Dapatkah Ditertibkan?”, Workshops “Digital Creative Weekend”, Temu Pelanggan Seluler yang bekerja sama dengan Kompas, Mobile Photography, Lelang Gadget, Fun Science for Kids, Miss ICS, Best Stand serta Indonesia Cellular Award yang merupakan penghargaan bagi para pelaku industri telekomunikasi di tanah air.

Salah satu yang menarik pada penyelenggaraan ICS kali ini adalah dengan tampilnya Komunitas Kartunet, yang merupakan komunitas bagi penyandang disabilitas serta masyarakat umum yang peduli isu disabilitas di Indonesia. Partisipasi mereka di ajang ICS ini merupakan salah satu aktivitas untuk menwujudkan visi mereka mewujudkan Indonesia inklusif dengan partisipasi aktif masyarakat dan pemuda disabilitas yang berdaya di berbagai bidang, serta didukung oleh teknologi informasi.

Kolaborasi Indonesia Cellular Show dan Festival Komputer Indonesia

Bersamaan dengan pelaksanaan ICS, kembali digelar pula pameran Festival Komputer Indonesia (FKI) di Cendrawasih Hall dan Main Lobby Jakarta Convention Center. Dyandra Promosindo, selaku penyelenggara FKI melaksanakan pameran ini di 3 kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta dan Makassar (4-8 Juni 2014) serta Yogyakarta (7-11 Juni 2014). Perhelatan FKI dan ICS menargetkan 300 ribu pengunjung total secara nasional, serta total transaksi nasional Rp 425 miliar.

FKI juga akan dimeriahkan oleh berbagai program unggulan antara lain Campus Creativity Day yaitu sebuah program seminar dan workshop mengenai pengembangan aplikasi untuk pelajar dan mahasiswa, Phoneography adalah lomba foto menggunakan smartphone dengan tema “Jakarta in One Day”, serta Kids Competition yang merupakan lomba ilmu pengetahuan bagi anak TK dan SD, serta talkshow seputar anak dan teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *