Kepolosian RI ajak bikerz merubah perilaku berkendara

IMG_4260

Pada Sabtu 21 Juni 2014, MICHELIN Indonesia bekerjasama dengan Kepolisian Republik Indonesia menggelar even bertajuk “Road Safety Day 2014” yang berlangsung di Cilandak Town Square (Citos), Jakarta. Turut hadir sejumlah bikerz dari berbagai klub dan komunitas yang ikut berpatisipasi.

Kegiatan ini digelar dalam rangka program Corporate Social Responsibility (CSR) yang berkelanjutan sebagai upaya meningkatkan kesadaran dan pemahaman yang tinggi terhadap keamanan dan keselamatan berkendara sejak dini.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, yang di wakili Wadir Lantas Polda Metro Jaya AKBP Bakharuddin Muhammad Syah turut hadir di acara tersebut.

Beliau mengapresiasi komitmen dan konsistensi MICHELIN untuk selalu terlibat aktif dalam kampanye keselamatan berkendara di Indonesia. Kegiatan ini sejalan dengan upaya POLRI dan pemerintah untuk terus mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas yang terus meningkat akibat populasi kendaraan bermotor yang bertambah besar.

Menurut Bakharuddin, POLRI dan Pemerintah memiliki komitmen tinggi untuk terus meningkatkan kampanye road safety di seluruh Indonesia.

Presiden juga telah menerbitkan Instruksi Presiden (Inpres) Tentang ‘Program Dekade Keselamatan Jalan Presiden Republik Indonesia’ No 4 tahun 2013 tertanggal 11 April 2013 yang mendorong pentingnya pelaksanaan program road safety di Indonesia bagi seluruh pemangku kepentingan.

IMG_4275

Wadir Lantas Polda Metro Jaya AKBP Bakharuddin Muhammad Syah

“Komitmen MICHELIN untuk terlibat secara aktif dalam kegiatan road safety merupakan hal yang sangat positif. Melalui sinergi yang positif antara POLRI dan sektor swasta, kita berharap tingkat kematian di usia muda akibat kecelakaan lalu lintas terus berkurang setiap tahun,” jelasnya.

Sementara itu Jean Charles sebagai Country Director MICHELIN Indonesia mengatakan bahwa program kampanye Road Safety dari MICHELIN ini akan berlanjut dengan serangkaian kegiatan kampanye road safety di beberapa tempat di Jakarta bekerjasama dengan Polri.

Dalam acara tanya-jawab dengan awak media, Wadir Lantas Polda Metro Jaya AKBP Bakharuddin Muhammad Syah menjelaskan perihal tingkat Kecelakaan Lalu Lintas di Indonesia sangat tinggi dengan kerugian materiil yang sangat besar.

Menurut Data Kepolisian RI mencatat, pada tahun 2013 jumlah kecelakaan lalu lintas mencapai 101.037 kasus kejadian dengan jumlah meninggal sebanyak 525.157 jiwa. Nilai kerugian ditaksir sebesar Rp 254,6 triliun.

“Salah satu permasalahan semrawutnya lali-lintas di kota-kota besar adalah masalah perilaku pengendara. Secara teori pengendara paham aturan lalu-lintas tapi kembali pada masalah perilaku individu yang tidak tertib,” kata Bakharuddin Muhammad Syah.

“Oleh karena itu saya mengajak kepada para bikerz, baik secara individu maupun yang tergabung dalam klub dan komunitas agar segera merubah perilaku berkendara sepeda motor mulai dari sekarang. Hal ini demi masa depan bangsa kita menuju Indonesia Tertib Lalu-Lintas,” tutupnya.

Your comment: