Prinsip T-CLOCK, Tips Mudik Bagi Bikerz Suzuki

IMG_4357

Bagi pembaca setia MotoBikerz khususnya bagi mereka yang bakal mudik pakai sepeda motor, alangkah baiknya pemudik bikerz menyimak tips mudik yang berikut ini. Tips ini diperoleh dari Suzuki dalam acara buka puasa bersama di Rolling Stones Jakarta tadi malam (8/7/14).

Pertama-tama, tentu saja persiapkan motor kesayangan kalian Bro & Sist. Caranya cukup dengan memakai prinsip T-CLOCK ala Suzuki Indonesia ini.

T: Berarti Tires and Wheels alias ban dan roda. Periksa tekanan angin dan kedalaman/kondisi alur. Periksa pula apakah ada keretakan atau benjolan pada ban, bila ada, ada baiknya anda mengganti ban tersebut. Jangan lupa periksa pelek motor. Bila casting wheel (pelek racing), periksa apakah ada keretakan atau kebengkokan atau tidak, bila spoke wheel (jari-jari), periksa apakah harus dikencangkan atau tidak.

C: alias Controls (kontrol kemudi). Pastikan kontrol kemudi dalam keadaan siap. Pastikan pula kabel-kabel seperti gas, kopling, rem dan kelistrikan kendaraan.

L: Lights and electrical (lampu dan kelistrikan). Pastikan lampu-lampu dan kelistrikan berfungsi dengan baik. Periksa juga apakah baterai/aki terpasang kuat dan masih berfungsi dengan baik serta cairan elektrolitnya (air aki) cukup.

O: Oil and fluids (oli dan cairan). Periksa segala hal yang berkaitan dengan oli (oli mesin dan oli rem) motor. Tambahkan bila kurang dengan spesifikasi yang sesuai. Periksa juga selang-selang pendukungnya.

C: Chassis (rangka). Periksa rangka kendaraan serta garpu suspensi depan. Pastikan tidak bengkok dan dapat bergerak dengan keadaan normal. Cek pula kondisi rantai apakah perlu disetel ulang serta kencangkan baut-baut yang terpasang di motor anda. Bila ada yang hilang, segera pasang yang baru.

K: Kickstand (standar samping). Pastikan standar samping maupun standar tengah berada di posisi yang benar ketika tidak digunakan. Segera ganti jika per pengencangnya sudah kendur.

Semoga tips mudik pakai motor dari Suzuki ini bermanfaat. Suzuki juga menyarankan agar tidak lupa membawa peralatan motor dan busi cadangan sehingga bila ada masalah pada motor, anda bisa dengan mudah memperbaikinya. dan jangan lupa beristirahat selama 15 menit setiap 2 jam perjalanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *