Asyik.. motor baru terus bermunculan. Apa manfaatnya?

IF

Apa manfaatnya? Kata ini menantang orang-orang yang peduli akan sepeda motor baru. Ya.. tahun 2014 ini bakal hadir puluhan sepeda motor baru baik dari kelas skutik, sport, hingga kelas moge (motor gede). Terus manfaat dan peluang apa saja yang bisa didapatkan dari hadirnya motor-motor baru tersebut?

Dari data penjulan sepeda motor di Indonesia yang pernah ditulis oleh beberapa media, menyebutkan pada tahun 2011 mencapai 8 juta unit/tahun, pada tahun 2012 mencapai 7.1 juta. Bagaimana tahun 2013?

Menurut Edo Rusyanto, Ketua Umum Road Safety Association (RSA) yang juga sering menganalisis angka penjualan sepeda motor di Indonesia menyebutkan angka penjualan ditahun 2013 ini bisa mencapai antara 7.1 s/d 7.2 juta.

“Angka penjualan dari AISI (Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia) untuk tahun 2013 belum final, ini bakal dirilis pekan depan. Jadi untuk sementara ini bisa ditulis dengan angka 7.1 juta,” ujarnya via telepon kepada motobikerz.com.

Sebagai catatan bahwa anggota AISI hanya 5 merek, yaitu Yamaha, Honda, Kawasaki, TVS, dan Suzuki. Jadi angka disini belum termasuk dengan data penjualan dari merek-merek lain seperti Harley-Davidson, Ducati, KTM, Piaggio, Benelli dan lain sebagainya.

Nah masalahnya.. seberapa pedulikah anda dengan penjualan motor baru? Apakah anda menjadi korban pembeli? Atau hanya menjadi penonton.

Hadirnya motor-motor baru yang terus bermunculan ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi mereka yang melihat peluang bisnisnya. Sebut saja bisnis jaket, helm, sepatu motor, asesories, bengkel, spare-parts, ban, dan tetek-bengeknya yang berkaitan dengan motor.

“Sampai tahun 2013 Respiro sudah punya 18 store. Untuk tahun 2014 ini, kita sudah siapkan budget buat buka store baru yang jumlahnya bisa mencapai 15,” kata Arief Utomo sebagai pendiri Respiro yang sudah memiliki perusahaan dan pabrik di Cimahi, Jawa Barat.

Repiro Ridingware salah satu merek khusus untuk jaket motor dengan segala macam produk pendukungnya kini berkembang dengan pesat. Usaha jaket yang dimulai dari nol pada tahun 2009-2010 kini sudah memiliki puluhan outlet di seluruh Indonesia. Keberhasilannya merupakan efek samping dari semakin banyaknya motor baru bermunculan di berbagai kota.

“Lokasi outlet Respiro pada saat ini antara lain di Bandung, Cimahi, Tangerang Selatan, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Bekasi Barat, Palembang, Yogyakarta, Madiun, Surabaya, Malang, Sidoarjo, dan Bangkalan. Kota-kota lain bakal menyusul bro,” tambah Arief yang sangat optimis dengan prospek usahanya mendukung para pengguna roda dua.

Lain lagi cerita dari Stephen Langitan atau disapa Bro SL pemilik motobikerz.com. Ternyata ia juga mengambil peluang usaha di bidang media online khusus tentang liputan otomotif roda dua. Melalui motobikerz.com ia merangkul anak-anak klub dan komunitas, para ATPM, modifikator, bengkel-bengkel, toko assesoris, perusahaan ban, perusahaan helm menjadi pusat liputannya.

“Kehadiran motor baru dengan sendirinya akan menciptakan biker baru (newbie), kemudian hadirnya klub-klub motor baru. Hal tersebut sebenarnya bisa dimanfaatkan oleh mereka yang bisa mengambil peluang. Awalnya mungkin saja hobi utak-atik motor, tetapi lama-lama dia bisa buka bengkel sendiri,” ujar bro SL pendiri perusahaan PT Media Satu Liputan.

Lima tahun ia mengelola website StephenLangitan.com yang bermula dari hobbinya pada adventure touring dan kemudian ia tulis di blog SL. Kini blog SL tersebut sudah berkembang menjadi media online yang sudah dikenal luas oleh industri kendaraan bermotor di Indonesia. Mulai tahun 2014 ini ia kembali membuat gebrakan baru dengan motobikerz.com.

“Saya senang dengan hadirnya motor-motor baru, model baru, lagi pula sekarang ini makin keren-keren. Dampaknya apa? Pembeli baru tentu saja makin berdatangan. Juga buat mereka yang sudah punya motor, kemungkinan besar dia mau ganti motor baru, atau sebut saja mau naik kelas. Biasanya yang dari kelas skutik pindah ke kelas sport, dari sport naik kelas moge,” jelas bro SL.

“Bicara soal motor baru emang seru, ngga ada matinya. Nah.. kabar baiknya Motobikerz.com adalah media khusus untuk liputan kegiatan anak-anak motor, lebih banyak artikel tentang bikerz, test-ride motor baru, touring, balapan, modif, custom, dan lain-lain. Disini kita buka pintu buat mereka yang mau share artikel, bahkan yang mau ngundang MotoBikerz.com untuk liputan juga oke,” kata bro SL menanggapi tentang maraknya motor-motor baru di Tanah Air.

Ngomong-ngomong.. bro and sist jangan ketinggalan. Ambil peluangnya!

Sumber foto: http://stephenlangitan.com/archives/74701

3 thoughts on “Asyik.. motor baru terus bermunculan. Apa manfaatnya?

  1. […] pernah menulis artikel tentang “Motor Baru Terus Bermunculan. Apa manfaatnya?” dan inipun rupanya memberikan manfaat positif bagi Michelin. Tidak saja sekedar jualan ban […]

  2. ada efek positif dan negatifnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *