Day 89 Wheel Story Report Goes To East Indonesia (Bajawa Flores)

P1050190

Perjalanan touring Wheel Story Goes To East Indonesia sudah masuk hari ke-89 dengan jarak tempuh 6.559 KM dengan tujuan Bajawa Flores. Berikut ini laporan singkat dari peturing adventure Mario Iroth yang dikirim kepada Motobikerz.com.

Udara dingin, menusuk tulang semalaman telah berganti sejuk, matahari mulai tinggi, langit biru terbias di spion motor dan lebah hijau terlihat dari fisor helmet saya, kami turun mengikuti jalan sempit ini dan disitu kami menemukan Goa Laing Bua sekitar 15 Km dari kota Ruteng. Liang Bua terkenal di seluruh dunia setelah ditemukannya sebuah tengkorak manusia purba yang berukuran pendek yang (Homo floresiensis) berusia sekitar 2 juta tahun.

Lalu perjalanan ini kami lanjut ke arah Timur sekitar 130 Km hingga sampai di kota Bajawa yang juga tak kalah dingin dengan Ruteng. kami menuju kampung Bena yang adalah kampung megalitikum sekitar 20 Km sebelah selatan kota Bajawa. dan kampung Bena yang telah ada sejak 1.200 tahun lalu telah menjadi situs warisan dunia oleh UNESCO.

Penduduk Bena termasuk ke dalam suku Bajawa. Mayoritas penduduk Bena adalah penganut agama Katolik. Umumnya mereka berkebun dan kaum wanita bertenun. Kami pun mendapat kesempatan bermalam bersama keluarga di salah satu rumah adat di desa Bena, ngobrol dan makan bersama bisa membangun rasa keingintahu mereka tentang perjalanan Wheel Story dan juga kami menjadi lebih akrab dan kekeluargaan tercipta diantara kami,.

Warga Bena selalu welcome kapada siapa saja yang datang mengunjungi kampung Bena, dan sehari kami berada disana tak henti-hentinya turis asing keluar masuk di desa tradisional ini sebagai rasa kagum mereka akan keistimewaan salah satu desa tradisional di Flores ini yang masih asli terjaga dan terpelihara dengan baik.

Adventure ini disponsori oleh : Castrol Power 1, Respiro Ridingware, Benelli Motor Indonesia, Ferrox, Proman, Antis & Alamaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *