Final Yamaha Cup Race 2013 Makin Memanas, Dominasi Pembalap Unggulan

Galang Hendra (99) saat Superpole final Yamaha Cup Race 2013

Agus Setiawan dan Tamy Pratama memegang pole position dua kelas Seeded final Yamaha Cup Race yang digelar di Sentul Karting International Circuit, Sabtu 16 November. Di dua kelas Pemula, Rheza Dhanica start terdepan.
Agus yang tahun lalu merupakan jawara Yamaha Asean Cup Race kelas Underbone (MT135-Jupiter MX), menambah motivasinya untuk lolos lagi dan meraih gelar. Di final YCR1 (Bebek 4 Tak 125 cc Tune Up Seeded), pembalap tim Yamaha Yamalube TDR FDR NHK Yonk Jaya itu membukukan waktu tercepat 56,697 detik. Unggul 0,577 detik dari Richard Taroreh dan Sulung Giwa 0.579 detik masing-masing di posisi kedua dan ketiga.

Namun, Richard Taroreh yang punya poin 40 dari hasil seri Cimahi, juga berpeluang besar untuk lolos jika finis bagus di depan besok. Sama halnya dengan Sulung Giwa yang memegang modal 38 poin dari kemenangan di kelas YCR1 seri Pekalongan. “Saya akan mengoreksi penampilan di seri terakhir Motoprix dua minggu lalu di sirkuit ini karena jatuh di lap-lap terakhir. Agar bisa fight maksimal karena saat di Motoprix saya sudah menemukan setingan motor maksimal di sini,” ujar Sulung.

Sementara, di kelas YCR2 (Bebek 4 Tak 110 cc Tune Up Seeded) Anggi Permana merebut pole. Torehan waktunya 57,467 detik berselisih sangat dekat dengan Yoga Adi Pratama di posisi kedua, 0,004 detik. Start ketiga diisi Sulung Giwa yang terpaut 0,016 detik dengan Anggi. Pole kali ini sangat membantu Anggi untuk meraih hasil terbaik di race Minggu agar memperkuat poinnya untuk lolos ke Asean Cup Race, 30 November-1 Desember di Sentul International Circuit.

Anggi sudah mengantongi 41 poin dari hasil seri. Sulung pun bermodal besar, 50 poin dari hasil seri. Yoga yang perlu bekerja keras karena total hanya punya 31 poin dari hasil seri.

Total poin hasil seri akan ditambah total poin final untuk menentukan lolos tidaknya ke Asean Cup Race, berlaku untuk kelas YCR1 sampai YCR4, untuk mengambil 10 pembalap terbaik dimana Seeded 5 pembalap dan Pemula 5 pembalap.

Sementara, persaingan di kelas Pemula sama halnya dengan kelas Seeded, masih didominasi pembalap-pembalap unggulan. Dan serunya, tiga pembalap terdepan Rheza Dhanica, Galang Hendra dan Syahrul Amin sama-sama mengantongi 25 poin dari hasil seri YCR3 dan YCR4.

Dari hasil Superpole, Rheza tampil dominan menguasai pole YCR3 (Bebek 4 Tak 125 cc Tune Up Seeded) dan YCR4 (Bebek 4 Tak 110 cc Tune Up Pemula). Rheza bakal bersaing keras dengan Syahrul Amin yg start dari posisi kedua dan Galang Hendra ketiga di YCR3. Dan di YCR4, Galang posisi kedua, Syahrul ketiga. “Kondisi saya sedang sakit demam tapi saya bersyukur masih bisa dapat start bagus untuk race besok,” ucap Galang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *