Tips ganti ban lebar pada motor sport, pilih ban berkualitas dari Michelin

IMG_2385

Masbro mau tampilan motor sportnya jadi lebih keren? Salah satu cara yang paling gampang adalah mengganti ban dengan ukuran yang lebih lebar. Modifikasi ban adalah cara yang sederhana tanpa merubah model motor itu sendiri, selain alasan tambah gaya malah dapat unsur positifnya, yaitu safety.

Hanya saja memilih ban yang lebar tidak sembarangn, bukan yang murahan, tapi pilih ban yang berkualitas dan tahan lama. Ban motor bawaan pabrik memang sudah cukup tapi rasanya kurang mantep sehingga motor terlihat standard, alias sama saja dengan motor-motor yang lainnya. Nah.. kalau mau tampilan beda, tak salah bila masbro mengganti ban yang lebih lebar.

Apa saja yang perlu diketahui sebelum menggaanti ban lebar pada motor sport? Berikut ini ada sedikit tips dan triks yang sekiranya membantu masbro sebelum ganti lakukan penggantian ban ukuran lebar :

  1. Ngobrol dulu dengan beberapa teman yang sudah pernah melakukan, kalau bisa ngobrolnya dengan teman se-komunitas/klub karena dijamin motornya sama.
  2. Tanyakan pengalaman mereka yang sudah pernah ganti ban, bagaimana suka dukanya, apakah nyaman dipakai untuk harian atau perjalanan jauh.
  3. Jika pelek masih jari-jari, sebaiknya sekalian ganti pelek racing (tanpa jari-jari).
  4. Jangan pilih ban yang terlalu lebar atau terlalu drastis, dan ukuran lebar ban sebaiknya dipilih dua tingkat diatas ban standar
  5. Perhatikan selisih ideal antara ukuran lebar ban dan pelek. Misalnya, pelek standar lebarnya 2,75 inci, ban standar 3 inci. Maksimal untuk ukuran ban adalah 3,25 inchi atau setara 100/90 (ban depan) dan jika pelek 3,25 inci, maka ukuran ban maksimal 4 inci atau 120/70 (ban belakang).
  6. Jika ukuran ban dan pelek sudah pas, maka perhatikan lebar lengan ayun (swing arm). Jangan sampai bibir luar ban bersentuhan dengan rantai, dan kalau sudah bersentuhan maka sebaiknya mengganti lengan ayun yang lebih lebar (butuh biaya tambahan).
  7. Ganti sproket roda belakang dengan ukuran lebih besar agar traksi tetap mantap

Nah.. sekarang mau pilih merek ban apa?

Jangan pilih ban dengan harga murah, mau gaya tetapi ngga safety kan repot juga. Berdasarkan pengalaman Motobikerz.com yang sudah pakai ban lebar merek Michelin bisa dijadikan salah satu pilihan diantara banyak merek ban. Ban Michelin dengan ukuran lebar sekarang sudah tersedia dibanyak toko ban, salah satunya yang terbaru adalah tipe Michelin Pilot Power 3.

Head of Marketing & Sales Two-Wheels PT MICHELIN Indonesia, Bayu Surya Pamugar Sugeng mengatakan, MICHELIN Pilot Power 3 telah melalui sejumlah penyempurnaan dari produk MICHELIN sebelumnya. Ban ini dirancang menggunakan teknologi inovatif 2CT dan 2CT+ yang memiliki 100% silica compound pada permukaan ban untuk memaksimalkan daya cengkeram dan ketahanan ban, khususnya di permukaan jalan basah.

“MICHELIN Pilot Power 3 hadir di Indonesia untuk menjawab kebutuhan pengguna motor yang mengedepankan performa dan tampilan sporty. Ban yang dirancang untuk pengguna motor berukuran 250 cc keatas ini pada dasarnya juga dapat digunakan untuk motor berukuran 150 cc, upsize dengan ukuran tertentu. Sehingga pengendara motor (bikers) bisa memakai ban ini untuk di jalanan, dan sekitar 15% di jalur balap,” kata Bayu pada Launching MICHELIN Pilot Power 3.

Catatan: Sebaiknya saat mengganti ban depan atau ban belakang, maka ban keduanya dibuat satu merek yang sama. Jadi kalau masbro sudah mengganti ban belakang dengan merek Michelin, maka sangat disarankan ban depan juga pakai merek Michelin. Hal ini untuk Safety Road, dan satu set gitu loh!

Your comment: