Peninggi Suspensi, Tidak Dianjurkan!

PeninggiSuspensi-01

Saking terlalu bersemangat secara berlebihan, malah menjadi boomerang bagi keselamatan. Rata–rata yang ada dibenak pemilik motor apalagi pemula yang baru bermain motor, hanya mengejar tampilan namun tidak mengindahkan sisi safety, teknis dan fungsinya. Bagaimana dengan peninggi suspensi?

Penampilan memang terdongkrak dengan penggunaan aksesori peninggi suspensi. Motor terlihat lebih tinggi dan gagah dengan warna warni menarik dari aksesoris ini. Namun pada nyatanya, aksesoris ini justru mengganggu kinerja dari suspensi yang ada pada sepeda motor.

Penggunaan peninggi suspensi pada sepeda motor dapat membuat posisi suspensi berubah sangat drastis. Peninggi suspensi itu diletakan pada bagian berdekatan dengan lengan ayun. Padahal pegangan suspensi yang sejatinya dibuat khusus dengan penambahan karet pada bagian tangkainya diciptakan agar suspensi dapat bergerak maju mundur guna mengikuti efek kejutan dari suspensi itu sendiri.

Bantalan karet yang ada pada batang shock berfungsi agar pegangan suspensi dapat bergerak sesuai dengan alur guncangan yang dialami oleh sepeda motor.

Efek merugikan dari penggunaan peninggi suspensi,menggangu posisi dan otomatis supensi berubah berputar menjadi 90 derajat. Angka tersebut membuat system kerja dari bantalan karet yang ada pada suspensi menjadi tidak berfungsi. Hal ini berimbas pada semakin kuatnya tekanan yang dialami oleh suspensi akibat guncangan yang diakibatkan dari sepeda motor.

Dampak paling nyatanya adalah suspensi mengalami bengkok bahkan patah pada bagian tangkainya karena tidak kuat menahan tekanan yang dialami suspensi dimana sebelumnya dengan adanya bantalan pada pegangan susupensi dapat meredam tekanan yang dialami suspensi. Dimana bantalan pada pegangan suspensi bergerak mengikuti guncangan pada suspensi.

Jadi pada dasarnya penggunaan peninggi suspensi pada sepeda motor sangat tidak dianjurkan. Karena hal ini berdampak pada kerusakan yang dialami suspensi sepeda motor, baik itu bengkok ataupun patah.Apabila sepeda motor mengalami patah suspensi pada saat berjalan akan mengakibatkan terjadinya kecelakaan berkendara saat mengendarai sepeda motor.

Gunakanlah suspensi yang berkualitas untuk motor Anda. Karena suspensi merupakan part yang sangat vital pada sepeda motor. Bukan hanya sebagai peredam kejutan yang dialami sepeda motor, lebih pentingnya lagi adalah suspensi bertugas untuk menjaga agar ban tetap menempel pada jalan sehingga handling pada sepeda motor dapat terjaga.

Suspensi yang baik harus sesuai dengan ukuran masing masing sepeda motor. Karena ukuran panjang dari suspensi sepeda motor sudah dirancang sesuai dengan spesifikasi bentuk rangka dan juga profil dari sepeda motor tersebut. Namun terkadang, untuk keperluan tertentu seperti untuk ajang balap dan sebagainya, panjang dari suspensi sepeda motor memang harus dibuat untuk mengikuti spesifikasi yang baik untuk keperluan tersebut. Jadi terkadang dibutuhkan tinggi suspensi yang lebih dari ukuran pada umumnya.

PeninggiSuspensi-02

YSS Suspension sebagai produsen suspensi sepeda motor kelas dunia terus mengembangkan teknologi suspensi yang terbaik untuk memenuhi syarat keamanan dan kenyamanan berkendara sepeda motor.

Teknologi length adjuster pada suspensi YSS dibuat untuk memenuhi kebutuhan akan panjang suspensi yang bisa disesuaikan dengan keperluan dari sepeda motor. Teknologi length adjuster memungkinkan panjang dari suspensi dibuat sesuai kebutuhan berkendara dari masing masing sepeda motor. (nolis)

Referensi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *