Review Yamaha T-Max 530cc: Moge Scooter dengan Desain yang Elegan

Yamaha T-Max 3

Bagaimana kencangnya sebuah sepeda motor MotoGP tetapi dibungkus dalam desain yang elegan? Cobalah skuter besar dari Yamaha ini, Yamaha T-Max 530cc.

Team Motobikerz.com mencobanya dalam berbagai jalur di pagi hari, dari Jakarta menuju waduk Jatiluhur beberapa waktu yang lalu selagi masih musim kemarau.

T-Max mulai digeber selepas bilangan Cibubur, membelah dinginnya pagi hari, T-Max melaju kencang di jalanan yang masih sepi. Sekali throttle dipelintir, motor ini meninggalkan kendaraan lain di belakangnya.

Terlalu kencang bagi motor-motor yang banyak beredar di Jakarta untuk bisa mengejar skuter besar ini. Sasis aluminium membuatnya mudah dikendalikan, bahkan di kemacetan Jakarta sekalipun, – roda berdiameter besar dan suspensi yang nyaman memberikan kelincahan dan stabilitas yang tinggi.

“Jika Anda pernah menunggangi motor supersport Yamaha R6, inilah dia, dalam desain yang elegan. Ini adalah skuter besar dengan DNA supersport.” ujar Yutaka Terada, Direktur Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Yamaha T-Max 1

Stabilitas dan manuver yang lincah dalam kemacetan ditunjang oleh roda berdiameter 15inch yang menampilkan desain sporty 5-spoke.  Rem cakram berkaliper ganda 267mm di depan dan diameter 282mm di belakang menghasilkan pengereman efektif untuk kontrol yang optimal. Dan satu lagi fitur keamanan dari T-Max, Anda memiliki pilihan sistem pengereman ABS.

Selepas Cileungsi, jalan raya mulai terlihat kurang bersahabat. Aspal bergelombang dengan pasir di beberapa titik, lubang-lubang berukuran kecil hingga sedang dapat dengan mudah dilalui oleh T-Max dengan lincah dan tetap nyaman, sejenak lupa kalau motor ini berukuran besar dan bobotnya sekitar 220kg.

Yamaha dikenal dengan desain konstruksi motor mereka yang sangat baik dan mampu memberikan center-of-gravity yang sangat bagus sehingga memberikan keseimbangan di setiap manuver ekstrem.

Desain body-nya stylish dan elegan, tapi tetap beraura sport. Lampu utamanya terdiri dari dua lampu proyektor kembar dan di belakang mengadopsi lampu LED ciri khas motor supersport Yamaha.

Di dashboard, Anda akan dimanjakan dengan panel bergaya modern dengan speedometer analog dan digital berbentuk polygon. Panel instrumen digital dengan backlit canggih memberikan semua informasi penting di setiap perjalanan.

Yamaha T-Max 4

Setelah sejenak menyantap sarapan di pertigaan Pangkalan, Cariu, Team Motobikerz.com kembali “menyiksa” skuter gambot ini memasuki jalanan pedesaan menuju Jatiluhur. Penghujung musim kemarau masih menyisakan debu tebal dan jalanan bergelombang ditambah lubang disana sini.

T-Max masih tetap nyaman dengan suspensinya melahap jalanan yang lebih cocok untuk cross-country ketimbang motor urban seperti T-max. Debu membubung di belakang T-Max, menambah ketebalan bedak dedaunan pohon di pinggir jalan.

Usai melalui jalanan berbagai kontur itu, terbentanglah di depan sebuah waduk besar, Jatiluhur. Hari menjelang siang, rumput di sisi waduk tidak banyak menyisakan warna hijau. Permukaan wadukpun menyusut. Motobikerz memarkir T-Max di sebuah tanah lapang di sisi waduk terbesar di pulau Jawa.

T-Max  dirancang untuk membuat perjalanan Anda senyaman mungkin. Desain body yang aerodinamis dan windshield tinggi menawarkan perlindungan dari terpaan angin, sedangkan jok yang lebar dan nyaman memberikan posisi berkendara yang ideal dan tidak cepat lelah, ditambah fleksibilitas untuk bergerak. Handle bar di belakang dan footstep yang luas untuk pembonceng membuat perjalanan bersama T-Max nyaman untuk dua orang.

Soal bagasi? Jangan khawatir. Di dashboard  tersedia konsol untuk botol minuman dan satu untuk telepon genggam atau barang kecil lainnya. Bagasi utama ada di bawah jok dan dilengkapi lampu untuk penerangan. Muat untuk satu helm plus barang-barang seperti tas atau jaket. Dengan fitur sebanyak itu, T-Max nyaman dikendarai untuk ke kantor atau menemani Anda di akhir pekan menjadi weekend warrior.

T-Max 1

Jacket rider supported by A1AM Gear

 

Your comment: