Test Ride ZERO Motorcycles, motor siluman bertenaga listrik

m__3CR1093

 

PT Garansindo Technologies sebagai Authorized General Distributor untuk Zero Motorcycles di Indonesia hari ini (Rabu, 17/12/14) mengajak OTOSL.com | Motobikerz.com bersama rekan-rekan media lainnya menjajal produk terbaru mereka yaitu motor listrik (100% Electric Power) dengan merek ZERO MOTORCYCLES.

PT Garansindo Technologies telah mendatangkan beberapa unit varian motor listrik Zero Motorcycles ke Indonesia, yang secara resmi adalah Made in USA antara lain varian Zero FX, Zero DS, Zero MX Military, Zero S dan versi polisi.

“Varian-varian tersebut yang diuji coba oleh rekan-rekan media pada hari ini dalam konsep acara City Riding in Working Day untuk membuktikan performance motor listrik Zero Motorcycles tersebut dari sisi advance, thrilling, dam powerfull,” buka Dhani Yahya, selaku Managing-Director Zero Motorcycles di Indonesia.sebelum acara test ride dimulai.

Perjalanan test ride dimulai dari Kemang Utara, kemudian menuju Kemang Selatan dan belok kekanan menuju Pangeran Antasari Cipete, terus kearah utara tujuan ke Blok M, dan Bunderan Senayan, Selanjutnya ke arah Mustopo, Asia Afrika dan masuk Gelora Bung Karno (GBK) Senayan..

Ada delapan unit motor listrik Zero Motorcycles yang ikut dalam rombongan tersebut, dan pada tahap pertama OTOSL.com | Motobikerz.com mendapat kesempatan mengendarai tipe ZERO DS ZF11.4 warna kuning.

Adapun kesannya adalah luar biasa gesit dan lincah, terutama dalam akselerasi karena melesat dengan cepat. Uniknya tidak ada deru kenalpot maupun suara mesin, bahkan bisa dibilang Zero Motorcycles adalah motor siluman seperti yang sering kita lihat dalam filem-filem barat modern. Singkat cerita tanpa engine starter, hanya switch on off saja, putar gas maka motor bergerak maju.

Selanjutnya pengendara seperti naik motor konvensional yaitu mengontrol motor dengan rem tangan atau rem kaki, kemudian memainkan lampu sen saat mau mau berbelok. Jadi keunikan dari motor listrik ini adalah benar-benar ramah lingkungan karena menggunakan tenaga batere saja.

“Produk Zero Motorcycles tersebut sebenarnya telah melalui proses uji coba di jalan raya oleh internal PT Garansindo Technologies dan selanjutnya akan digunakan untuk proses homologasi. Adapun kehadiran beberapa unit pertama seperti yang sedang digunakan oleh rekan media hari ini. Sedangkan unit barunya model year 2015 akan kita luncurkan pada akhir Februari 2015,” kata Satya Saptaputra selaku Chief Executive Officer, PT Garansindo Technologies kepada awak media test ride disaat rehat di area GBK Senayan.

“Garansindo Technologies berfokus untuk memberikan solusi transportasi roda dua di segmen premium dengan technology yang berbeda dengan yang ada di pasar Indonesia, karena Zero Motorcycles merupakan motor listrik premium pertama yang hadir di Indonesia,” tambahnya.

“Zero Motorcycles kami tujukan untuk penggemar motor besar yang memiliki performa dan teknologi terbaik. Sensasi berkendara yang dihadirkan menyatu dengan ramah lingkungan merupakan nilai jual utama dari Zero Motorcycles,” ungkap Satya.

Garansindo Technologies melihat ada peluang besar untuk melakukan penjualan secara fleet kepada instansi Pemerintahan, Militer dan Kepolisian, pasalnya motor tanpa suara ini memang sangat pas buat kegiatan mata-mata, pengintaian, maupun penyerbuan terhadap markas musuh atau gembong penjahat.

“Di Amerika Selatan motor ini benar-benar dipakai untuk tugas kepolisian dalam upaya mereka melakukan aksi penyerbuan gembong penjahat narkotika yang bersembunyi dihutan. Dengan motor listrik dari Zero Motorcycles khususnya model trail petugas polisi mampu menembus hutan tanpa ada raungan mesin,” imbuh Satya, dan awak media pun langsung saling bergantian mencoba tipe trail yang benar-benar sangat ringan bermain di rumput dan trotoar.

“Bersama dengan Dhani Yahya, selaku Managing Director, PT Garansindo Technologies, yang telah memiliki pengalaman di industri otomotif 4-roda dan 2-roda lebih dari 12 tahun, saya yakin dapat mengembangkan dan memajukan Zero Motorcycles di Indonesia,” tambah Satya.

Sementara itu Dhani Yahya, yang sebelumnya memiliki pengalaman di Mercedes-Benz Indonesia dengan posisi terakhir sebagai Deputy Director Sales & Marketing Smart kini bergabung dengan PT Garansidno Technologies.

Sebelum bergabung dengan Garansindo, Dhani juga sempat menduduki posisi sebagai Deputy Director Sales & Dealer Development untuk Piaggio Indonesia dan juga Chief Executive Officer untuk Cleveland Cyclewerks.

“Saya turut bangga dapat menjadi bagian dari PT Garansindo Technologies untuk memulai catatan baru dalam mengembangkan Zero Motorcycles yang merupakan motor besar bertenaga listrik pertama di Indonesia,” ujar Dhani

“Unit pertama dari masing-masing varian Zero Motorcycles telah hadir di Indonesia dan kami telah melakukan proses uji coba atau ‘test-ride’ untuk mengukur kehandalan, performa serta jarak tempuh dari 8 tipe Zero Motorcycles,” tambah Dhani.

Usai rehat dan foto bersama di GBK Senayan, perjalanan dilanjutkan kembali dengan tujuan lunch di Pondok Indah Mall 3 melintasi Hotel Mulia Senayan, Jl. Tentara Pelajar, terus ke selatan sampai Pondok Indah Mall 3. Namun pada kesempatan ini seluruh rider saling bertukar motor agar dapat merasakan tipel yang lain.

Kali ini OTOSL | Motobikerz mendapat kesempatan mengendarai model ZERO S ZF11.4 warna hitam. Seat-nya lebih rendah sehingga kaki lebih menapak dijalan, dan model ini sangat cocok untuk city riding.

Soal akselerasi dan kecepatan jangan ditanya lagi. Anda akan kagum ketika sudah mencobanya. Ketika dijalur Jl. Tentara Pelajar, OTOSL | Motobikerz sempat melirik speedometer di angka 120 km/jam, dan putaran gas masih ditarik beberapa detik, hanya saja mata sudah tidak berani melirik speedo karena jauh lebih penting mata fokus kedepan.

Selesai makan siang di Pondok Inda Mall 3, perjalanan tahap akhir adalah kembali ke titik awal yaitu Kemang Utara melewati jalur Pondok Indah dan JIS Cilandak, Fatmawati, terus belok kanan masuk Cipete Raya dan selajutnya kearah Kemang Raya.

Kegiatan media test-ride yang dilaksanakan pada Rabu 17 December, 2014 dilakukan untuk menguji performa, kelincahan serta efisiensi dari Z-FORCE® Motor dengan power-pack Z-FORCE® Li-lon Intelligent modular.

Zero Motorcycle yang masuk dalam kategori motor besar memiliki desain yang proporsional dengan curb-weight yang cukup ringan sehingga memudahkan pengedara untuk melakukan maneuver dalam kondisi lalu-lintas yang padat ataupun saat berkendara jarak-jauh sekalipun.

Karakter dari mesin listrik yang memiliki torsi besar, terasa disaat akselerasi. Waktu tempuh 0-100 km/jam mampu diraih dalam waktu kurang dari 3.5 detik untuk Zero SR ZF11.4, sedangkan rata-rata waktu tempuh 0-100 km/jam untuk motor lainnya dapat diraih dalam waktu kurang dari 5.5 detik.

Unit Zero Motorcycles yang kini hadir hanyalah digunakan untuk melalui proses uji coba, sedangkan unit yang akan diluncurkan serta dijual ke konsumen adalah model year 2015 yang telah melalui penyempurnaan dengan menggunakan suspensi Showa serta sistem pengereman dengan peranti keselamatan Anti-lock Brake System (ABS). Penyempurnaan ini diutamakan untuk memberikan perlindungan lebih terhadap pengendara serta meningkatkan kelincahan Zero Motorcycles. Serta peningkatan kapasitas battery.

Adapun target peluncuran dan penjualan akan direncanakan pada bulan February 2015. Namun konsumen sudah dapat melakukan pemesanan terlebih dahulu pada bulan Januari 2015.

Berikut ini adalah unit pertama dari Zero Motorcycles yang telah hadir di Indonesia:

  1. ZERO S ZF11.4
  2. ZERO FXP ZF5.7
  3. ZERO DS ZF11.4
  4. ZERO SR ZF11.4
  5. ZERO MX Military ZF5.7
  6. ZERO FX ZF5.7
  7. ZERO DS Police ZF11.4

ALBUM FACEBOOK

4 thoughts on “Test Ride ZERO Motorcycles, motor siluman bertenaga listrik

  1. berapa ya..harganya ?

  2. […] listrik Zero Motorcycles yang sudah di uji coba oleh Motobikerz.com pada hari Rabu, 17/12/14 (artikel ini), salah satunya ada yang khusus didesai untuk petugas Kepolosian yaitu model ZERO DS Police […]

Your comment: