Mas Bayu pemilik BAYCHII Motor Shop Riding, banting stir dari guru jadi usahawan

20141226_160333

Siapa yang tak kenal dengan juragan box motor, Mas Bayu Saputra pemilik kios BAYCHII Motor Shop Riding yang berlokasi di Jl. RM. Kahfi I No.18B Ciganjur Jakarta Selatan? Nah.. kalau memang belum kenal silahkan lanjut membaca artikel ini.

Kebetulan Motobikerz.com sedang membutuhkan breket dan box motor, dan setelah browsing di google akhirnya menemukan nama Bayu Saputra melalui akun facebook-nya. Yup.. Motobikerz pun meluncur ke lokasi kiosnya yang berada di kawasan Ciganjur Jakarta Selatan pada hari Jumat, 26 Desember 2014 yang lalu.

Tiba disana ternyata sosok Mas Bayu tidak ada ditempat, tetapi beruntung disana ada seorang biker bernama Jum Hendriantono yang sedang menunggu Mas Bayu, dan ternyata baru diingat kalau Bro Jum ini adalah seorang rekan biker yang pernah jalan bareng dengan Motobikerz.

Untung saja ada Bro Jum memberikan no HP Mas Bayu, dan langsung saja Mas Bayu dikontak dan tak lama sesudah itu Mas Bayu tiba di kiosnya. Singkat cerita breket Evo-R1 langsung dipasang ke motor Inazuma yang dikerjakan oleh seorang mekanik Mas Bayu.

10868133_641945775930830_676388076125369650_n

Sementara menunggu pemasangan breket ditengah suasana hujan, terjadi obrolan panjang dengan Mas Bayu, dan disinilah Motobikerz mendapat banyak informasi tentang latar belakang, sepak terjang, maupun rencana Mas Bayu kedepannnya bersama usaha yang ia rintis menjadi juragan box motor untu pasar nasional.

Wah,, nyasar penjualan box motor untuk pasar nasional? Ya.. kenapa tidak? Melalui jaringan internet, khususnya sosmed facebook inilah yang membuat Mas Bayu menjadi cepat terkenal dan mendapat pasar di tingkat nasional.

Menurut Mas Bayu, sejak ia melakukan postingan produk box motor, ia sering mendapat pesanan dari luar pulau Jawa, misalnya dari Manado, Balikpapan, Banda Aceh hingga pelosok Papua. Bahkan ia sendiri sudah tidak ingat lagi nama kota-kota apa saja yang pernah dikirimkan produknya melalui jasa pengiriman.

“Alhamdulilah.. pesanan selalu ada saja datang dari luar kota. Saya pun sudah tidak ingat lagi sudah berapa banyak yang dikirim dan juga tidak ingat lagi nama kotanya. Yang saya ingat hanya kota besar seperti kota Manado di Sulawesi Utara, Balikpapan di Kalimantan Timur, hingga ke Banda Aceh,” ujarnya kepada Motobikerz.com.

“Saya senang sekarang ini ada sudah media online seperti jalur facebook yang bisa kita manfaatkan untuk menawarkan barang dagangan. Yang penting kita jujur dan berkomitment dengan harga dan kualitas barang, serta tepat waktu dalam pengiriman barang. Disini kita jangan pernah neko-neko atau nakal, karena taruhannya nama kita sendiri,” jelas Mas Bayu sambil berbagi tips dan triks bagi mereka yang ingin melakukan usaha melalui internet.

20141226_160104

BAYCHII Motor Shop Riding, Jl. RM. Kahfi I No.18B Ciganjur Jakarta Selatan, HP. 0858 5523 0977

Sementara itu Motobikerz melihat kesederhaan pribadi Mas Bayu yang masih berusia 29 tahun. Sosoknya murah senyum, dan ramah ketika ia bercerita, bahkan iapun menyuguhkan Motobikerz dengan minuman ditambah makan bakwan malang untuk menghangatkan suasana dingin karena turun hujan yang cukup lama.

“Saya mulai merintis usaha dimulai tahun 2009 pada bulan Januari, waktu itu saya mulai dengan jualan jas hujan. Kebetulan ada rekan keturunan yang menawarkan saya untuk jualan box dan dagangan box ini lumayan bagus pertumbuhannya. Akhirnya jualan box menjadi pendapatan utama hingga saat ini,” beber Mas Bayu yang banting stir menjadi juragan box, pasalnya dulunya ia menjadi guru atau pengajar di Lebak Rejo Pasuruan Jawa Timur.

“Yang saya tau begini mas.. penjualan motor kan terus berkembang, dan sepada motor sekarang ini sudah sebagai sarana transportasi sekaligus hobi. Karena pangsa pasarnya ada, maka jualan box motor juga ikut berkembang sejalan dengan penjualan motor di Tanah Air. Selain itu, box motor memang sudah menjadi kebutuhan bukan hanya untuk orang kantoran atau penghobi turing, tetapi juga untuk kegiatan yang lainnya,” papar Mas Bayu.

“Saya juga melayani orderan untuk instansi pemerintahan dengan jumlah order diatas 10. Yang diluar kota Jakarta juga saya layani, bahkan saya pernah dapat order dari perusahaan merek mobil terkenal untuk kebutuhan armada service unit sepeda motor. Mereka pesan top Box dan side box lengkap dengan breketnya untuk 5 unit motor, dan saya kirimkan bersama seorang mekanik ke Manado,” pungkas Mas Bayu.

Sebelum melanjutkan percakapan, Mas Bayu berdiri dan menyambut konsumennya. Salah satu calon konsumen datang bersama istrinya dengan motor Yamaha Byson dan tampak Mas Bayu menyodorkan box motor merek Shad berikut dengan breketnya. Singkat cerita terjadi deal, dan Byson diparkir untuk dilakukan pemasangan. Disini Mas Bayu ikut turun membantu pemasangan breket berikut dengan box merek Shad tersebut.

20141226_161048

Mas Bayu menjelaskan bahwa konsep usahanya lebih diutamakan untuk keperluan Safety,

“Jadi pemasangan box di sepeda motor itu sebenarnya untuk keselamatan dan keamanan pengendara motor itu sendiri. Nah.. saya lebih menekankan masalah Safety Riding Equipment kepada konsumen dengan segmen pasar adalah penjualan box motor dan berbagai asesories sepeda motor yang lainnya seperti riding gear, electrical equipment, asesories box dan breket yang selalu ready,” pungkasnya.

Yang perlu diketahui, bahwa merek box yang menjadi rekanan dan siap djual oleh Mas Bayu adalah merek Givi, Shad dan pannier Badak Hitam. Selain itu ia juga menyediakan berbagai jenis atau model breket, monorack yang bisa digunakan untuk semua jenis sepeda motor.

“Selain penjualan retai secara online, prinsipnya kios BAYCHII Motor Shop Riding ini juga terbuka untuk biker yang ingin pasang langsung, servis rutin atau sekedar stel braket, Pokoknya datang aja kemari, datang bersama teman sambil ngobrol-ngobrol juga boleh. Beberapa produk saya ada masa garansinya, jadi manfaatkan semua fasilitas yang sudah kami berikan,” tutup Mas Bayu yang akan menikah dalam waktu dekat ini.

Baychiishop Motocase Shop
Jl. RM. Kahfi 1 No. 18 B
Ciganjur Jagakarsa
Jakarta Selatan 12630
(100 m kanan jalan dari Masjid Al Makmur)

Sms/WA :0813 1111 5474
Pin :571560C0

7 thoughts on “Mas Bayu pemilik BAYCHII Motor Shop Riding, banting stir dari guru jadi usahawan

  1. […] Agus Arianto (34 tahun) ditemui Motobikerz pada hari Selasa, 30 Desember 2014 di kios Mas Bayu BAYCHII Shop di Jl. RM. Kahfi I No.18B Ciganjur Jakarta Selatan. Setelah diamati motor Honda Tiger warna hitam […]

  2. […] pria bersama istrinya datang ke kios BAYCHII SHOP untuk membeli box motor dan dipasang di motor Yamaha Byson tahun 2010. Ia meyakinkan kepada sang […]

  3. met milad ya kang bayuuu…. salam kenal dari tetangganya Didi HSFCI…. entar insya Allah mau mampir ke situ ah…..

  4. […] tambahan ini dipasang di Baychii Motor Shop karena memang sangat diperlukan untuk membantu Motobikerz saat melewati cuaca kabut dan jalan […]

  5. […] tau saja masbro.. mas Bayu adalah pemilik “BAYCHII Motor Shop Riding” yang menjual aneka ragam box dari merek GIVI, SHAD, KAPPA, dan juga menjual berbagai braket. […]

  6. […] ban Michelin Pilot Road 4 (MPR4), dan salah satunya adalah Kawasaki Z250 milik juaragan box Baychii Moto Shop, Mas Bayu Saputra yang berada di kawasan Ciganjur Jakarta Selatan. Tampak jelas motor hijau tersebut semakin keren […]

  7. […] terbaru box Shad ini sudah bisa dipesan sekarang juga melalui jaringan distributor Shad Indonesia. Klik INI sebagai salah satu toko […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *