Yamaha Sunday Race R Cup Series putaran 1 digelar di Sentul 27 – 29 Maret 2015

unnamed (1)

Masbro.. catat nih.. Yamaha “SUNDAY RACE” with R Cup untuk pertama kali digelar di lintasan balap Sirkuit Sentul Bogor pada akhir pekan ini, 27 – 29 Maret 2015. Nah.. jika masbro penggemar berat dengan motor sport Yamaha sebaiknya hadir ke Sentul pasalnya acara ini pasti seru banget. Ngga oercaya? Simak dulu bacaan berikut ini.

Gelaran acara ini dilatar belakangi dengan beberapa event balap Yamaha, seperti Yamaha Asean Cup Race (YACR) yang selalu sukses digelar setiap tahunnya. Ketika YACR digelar tahun 2013, mengusung tema Rock & Race (race dan entertainment) berhasil menarik 45.000 orang pengunjung. Kemudian ditahun 2014, YACR mengususng tema “Rock & Race/Part 2” dengan konsep Racing Kit Market (race dan bisnis) mampu menyedot 60.000 orang pengunjung.

Kreatifitas Yamaha Indonesia memadukan race, entertainment dan bisnis di dua kali pelaksanaan YACR itu, menjadi semangat membangun balap sport di Indonesia kembali berjaya seperti masa lalu, agar disegani di kawasan Asia dan Dunia.

Slogan “We R Different” dan lahirnya R Series R6, R15 & R25 yang fenomenal, menjadi inspirasi gelaran “Yamaha Sunday Race with R Cup Series 2015”. Yang menarik bukan hanya pebalap profesional yang bertanding, tetapi R-Shop Yamaha, komunitas & klub-klub R Series turut meramaikan persaingan memperlihatkan kehebatan R Series mereka.

Tidak hanya sekedar penyaluran hobi menggeber maksimum motor di trek sirkuit permanen. Mereka diedukasi menggunakan CLV (Circuit Log Viewer) teknologi untuk mengetahui “riding skill” (kemampuan mengendarai) yang benar di sirkuit permanen Sentul International dengan bimbingan pebalap handal Yamaha Indonesia.

“Seluruh peserta diwajibkan menggunakan riding gear atau perlengkapan balap yang lengkap untuk persayaratan keamanan pembalap,” ujar M. Abidin GM After Sales & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Balapan yang seluruhnya menggunakan motor sport berteknologi injeksi, bukan hanya event untuk pebalap, tetapi ajang belajar para teknisi balap lebih tajam setting motor injeksi. Setelah membuktikan kehebatan motor injeksi Yamaha sebagai Juara Nasional Indoprix 2 tahun berturut-turut (2013 & 2014) di 2 kelas sekaligus dengan 2 tim berbeda.

Sudah saatnya balap motor injeksi di motor tipe sport, dan memahami teknologi balap modern yang tidak ada di event lainnya. Event besar “Sunday Race with R Cup” bakal digelar 5 seri di Sentul International Circuit, dan untuk ajang perdananya di gelar hari Jumat – Minggu 27-29 Maret 2015.

Pada tahun 2015 ini, Yamaha SUNDAY RACE With R Cup 2015 mengusung tema “REVS YOUR ENGINE, FEEL THE POWER”, semakin lengkap dengan konten pendukung Racing Kit Market, Yamaha technology exhibition, Yamaha Safety Riding Science (YSRS) for Kids, gathering komunitas, school competition.

Race R-Series Kelas Rider dan Komunitas 

Event ini adalah penjenjangan setelah selama 27 Tahun Yamaha Cup Race (YCR) secara konsisten digelar di berbagai daerah di pelosok Indonesia. Sesuai temanya R Series, motor yang digunakan adalah YZF-R6, YZF-R25, YZF-R15. Terdapat tiga kategori di ajang ini (Professional, Komunitas A, dan Komunitas B), dengan kelas-kelas perlombaan yaitu :

  1. Kelas YZF-R15 Komunitas
  2. Kelas YZF-R15 Professional
  3. Kelas YZF-R25 Komunitas A
  4. Kelas YZF-R25 Komunitas B
  5. Kelas YZF-R25 Professional
  6. Kelas YZF-R6 Komunitas
  7. Kelas YZF-R6 Professional Riders

Untuk Profesional Rider dan Komunitas A di jalur Championship sedangkan Komunitas B adalah Exhibition Race. Di kelas profesional rider diikuti pebalap profesional menggunakan motor injeksi spesifikasi racing. Komunitas A berasal dari anggota klub motor Yamaha R Series atau non komunitas Yamaha tapi bukan pebalap profesional. Di kelas ini memakai motor spesifikasi standard tune up.

Sedangkan yang paling seru persaingannya di kelas Komunitas B berasal dari anggota klub motor R Series Yamaha yang terkenal sangat kompak. Di Komunitas B menggunakan motor spesifikasi standard, hanya modifikasi terfokus pada bagian safety part saja seperti brake system, steering system. Sedangkan di bagian fuel system dilimitasi modifikasinya, dimaksudkan agar lebih terjangkau dan ikut balap tidak perlu mahal. Ini jadi ajang pembuktian kualitas R Series Yamaha.

Di kelas Komunitas diwajibkan melampirkan surat rekomendasi dari klub atau komunitas dengan skill levelnya setara. Tentunya ini akan jadi tontonan menarik karena di kelas ini selain motor setara dan pebalap yang setara, jadi makin seru karena para peserta diperkenankan didampingi kekasih-kekasih mereka untuk memberikan semangat, karena ini event milik komunitas R Series, REVS YOUR EGO.

Racing Kit Market

“Yamaha Sunday” with Race R Cup juga melibatkan produk produk berkualitas & brand terkenal di dunia racing sebagai pendukung utama. Setelah meraih kesuksesan di gelaran di acara YACR sebelumnya, kembali mereka mendukung Racing Kit Market di “Sunday Race” yaitu Yamalube, IRC tyre, Pirelli tyre, PT Sakura Java Indonesia, PT Kayaba Indonesia, DID Chain, PT AAI Radiator, BRT, Nissin, KYT Hemlet & Pertamax Plus.

Jadwal Yamaha Sunday Race with R Cup 2015 di Sentul International Circuit sebagai berikut:

  1. Seri 1 (27 – 29 Maret 2015)
  2. Seri 2 (12 – 14 Juni 2015)
  3. Seri 3 (11 – 13 September 2015)
  4. Sei  4 (30 – 31 October – 1 November 2015)
  5. Seri 5 (13 – 15 Nov 2015)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *