Reynaldhi Pradhana Juara Umum Yamaha Cup Race 2015

Para pebalap di race kelas YCR 3 seri 4 Yamaha Cup Race di Gunung Peusar Tasikmalaya

Sukses di 2 seri sebelumnya yang diadakan di pulau Sumatera dan satu seri di Jawa, Yamaha Cup Race (YCR) kembali ke pulau Jawa di kota Tasikmalaya. Reynaldi Pradhana (Yamaha Yamalube Bien Racing WHK35 NHK FDR team) sukses jadi juara umum kelas Seeded.

Sebanyak 8 pebalap profesional yang turun di Kejurnas turut serta bergabung di kelas Exhibition ini. Tercatat diantaranya adalah Anggi Permana, Richard Taroreh, Sulung Giwa, Florianus Roy, Agus Setiawan, Tamy Pratama, Adi Rudianto, dan Reza Dhanica menjadi starter di kelas tersebut.

Pada gelaran YCR di seri ke 4 di Sirkuit Gunung Peusar, Tasikmalaya ini, selain untuk pengembangan pebalap – pebalap muda di kota tempat event digelar, tetapi juga diramaikan dengan dibukanya kelas Exhibition Jupiter Z1 untuk para pebalap yang berlaga di Kejurnas Underbone (Indoprix).

Dengan dibukanya kelas tersebut, tentu membuka kesempatan para pebalap Kejurnas tersebut untuk melakukan development motor Jupiter Z1 mereka, sekaligus berlatih untuk persiapan menghadapi event Kejurnas yang akan digelar pada Agustus nanti.

Podium kelas Exhibition Z1 Yamaha Cup Race Seri 4 di sirkuit Gunung Peusar Tasikmalaya

”Saya senang karena bisa melakukan uji coba dan riset sebelum berlangsungnya Kejurnas Underbone. Berharap kelas Exhebition Z1 tetap dibuka pada seri-seri YCR selanjutnya, hanya saja harus di sirkuit permanen,” ujar Anggi Permana, kampiun kelas Exhibition Z1. Hal senada juga di tuturkan oleh Reza Dhanica dan Sulung Giwa yang berhasil naik podium 2 dan 3, malah tiga pebalap tersebut berharap untuk kelas eksebisi tersebut tetap di buka pada seri- seri selanjutnya hanya saja harus di sirkuit permanen.

Sedangkan di kelas pemula YCR 3, Aswin Sanjaya (tim Trijaya) berhasil memenangi balapan. Aswin yang menggunakan Jupiter Z1 mampu menjadi yang tercepat disusul Daffa Krisna (tim Bahtera) dan Wawan (Yonk Jaya) yang menggunakan motor injeksi juga.

“Motor Jupiter Z1 memiliki performa baik dan sangat luar biasa. Di setiap tikungan terutama dua tikungan patah, harus menjaga rpm motor tidak turun di bawah 5000 rpm agar mampu keluar tikungan dengan cepat,” komentar Aswin.

Kedigdayaan Jupiter Z1 dibandingkan dengan motor Jupiter 5TP dapat dilihat pada catatan waktu pada saat latihan bebas, qtt sampai sesi warm up dan race. Misalnya, motor Ahwin Sanjaya (Jupiter Z1) mencatatkan waktu terbaiknya 53.731 detik. Catatan waktu ini sudah menyamai atau lebih baik dari Jupiter 5TP. Sedangkan pada saat race, motor Ahwin mampu memperlebar catatan waktu dengan pebalap posisi ke dua yaitu Daffa Krisna Putra yang menggunakan Jupiter Z karburator, terpaut 0.903 detik.

Tidak hanya Ahwin saja yang cemerlang menggunakan Jupiter Z1, tetapi Syahrul Amin dan Adhila Eka Darma di kelas YCR 1 juga mencatatkan waktu terbaiknya. Dua pebalap tersebut masing-masing catatan waktunya 53.832 detik dan 54.114 detik. Catatan waktu tersebut sudah menyamai bahkan lebih baik dari catatan waktu motor Jupiter Z 5TP miliki Reynaldi Pradhana 54.145 detik di kelas yang sama.

Juara Umum Yamaha Cup Race 2015 (Seeded)
I 171 Reynaldhi Pradana (YAMAHA YAMALUBE BIEN RACING WHK35 NHK FDR)

Juara Yamaha Cup Race 2015 (Exhibition Z1)
I 158 Anggi Permana (YAMAHA YAMALUBE KYT TDR IRC TRIJAYA 45)
II 123 Reza Dhanica (YAMAHA YAMALUBE KYT TDR IRC TRIJAYA 34)
III 95 Sulung Giwa Ajooba Husna(YAMAHA YAMALUBE NHK IRC NISSIN NGK BAHTERA R.T 33)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *