Nih dia.. Inazuma Spoke Wheel pas buat Adventure Rider

20151223_120137

Suzuki Inazuma GW250 lansiran 2013-2014 milik MotoBikerz.com ini dibuat tampil beda, yaitu diipasang pelek jari-jari atau disebut dengan Spoke Wheel. Ya.. modifikasi ringan ini dilakukan MotoBikerz karena Inazuma tersebut sudah sering dibawa turing ke pelosok daerah, jadi biar lebih “kekinian” maka saat ini ingin tampil sebagai motor adventure. Hehehe… 

Menurut rencana, MotoBikerz akan menjelajah pulau Sulawesi dan Kalimantan ditahun 2016 dan semoga Spoke Wheel ini dapat duji coba ketahanannya. Sebenarnya sih.. pelek standard palang tiga bawaan pabrik yang pernah dibawa ke Nol Km Sabang Aceh tidak ada masalah, namun kali ini MotoBikerz hanya ingin tampil beda (tidak ada alasan lain).

Sebagai uji coba, pada hari Selasa 22 Desember 2015 dilakukan latihan ringan sekedar menjajal trek tanah liat dikawasan Pondok Cabe, namun sayang saat tanah liat dilewati lagi kering dan MotoBikerz sama sekali tidak menemukan jalan becek padahal lagi musim hujan.

Sementara menunggu hujan turun agar dapat tanah liat becek, disini MotoBikerz coba paparkan detail spare-part dan biaya yang dikeluarkan untuk pemasangan Spoke Wheel antara lain:

  1. Velg merek VRossi XD ukuran depan 17×3.0 belakang 17×4.5. Soal harga lupa.. yang pasti terjangkau karena dibeli di PRJ Kemayoran bulan Juni 2015 yang lalu dengan harga promosi (murah meriah).
  2. Ban yang terpasang sekarang adalah merek SHINKO E-705 TRAILMASTER Series, yang diperoleh di NEOBURSA dengan harga promosi pada bulan Februari 2015 (ban depan 120/90-17 Rp.1,350,000 dan belakang 150/70-17 Rp.1,650,000). Sebagai catatan Ban Shinko ini sayang dipakai buat turing jauh, jadi nantinya akan diganti Bridgestone BT45 Series mengingat kondisi jalan yang akan dilewati di Sulawesi adalah 99% jalan aspal.
  3. Tromol roda belakang dari Suzuki DR Kawasaki KLR 650cc Rp. 3.5 juta dan untuk roda depan Rp. 500 ribu
  4. Jari-jari dua set plus adjustment (setel) Rp. 250 ribu
  5. Gear belakang Rp. 255 ribu
  6. Ongkos bubut + Ongkos pasang Rp. 1.5 juta
  7. Lain-lain Rp. 300 ribu

Untuk pemasangan dan setting, yaitu urusan mulai dari nomor 3 s/d 7 tersebut diatas, MotoBikerz mempercayakan kepada Ko Welly Bong yang punya bengkel Kharisma Motor di Jl. Cinere Raya Depok (seberang Ace Hardware Cinere). Lama waktu pengerjaan lebih kurang 10 hari kerja, setidaknya motor nginap di bengkel. Hitung-hitung total biaya habis Rp. 10 juta tapi ini puas untuk tampil beda.. hehehe.. 🙂

Dari hasil uji coba sementara, baik jalan trek onroad maupun jalan offroad (jalan tanah) masih terasa kurang nyaman, dan ini jelas diakibatkan karena profil kembang ban Shinko Trail Master berbentuk tapak balok atau seperti tahu yang membuat motor agak gemetar ketika dijalankan.

Padahal sebelumnya MotoBikerz sudah pernah menjajal ban Shinko ini saat turing ke pantai Cidaun – Rancabuaya serta Pengalengan pada bulan Februari 2015 lalu. Lagian ban depan Shinko ini terlalu besar, ukurannnya 120/90-17 terasa cukup tinggi dan akibatnya spadbord depan sering kepentok saat rem mendadak atau melewati handicap (polisi tidur, atau jalan lubang).

Menurut MotoBikerz paling pas kalau mau turing jarak jauh pakai ban depan Bridgestone BT45 ukuran 110/80-17 atau ban standard bawaan pabrik IRC Road Winner 110/80-17 (ukuran default).

7 thoughts on “Nih dia.. Inazuma Spoke Wheel pas buat Adventure Rider

  1. purupuruko says:

    Yg di bubut apanya om? Tromol depan ato belakang? Gk pnp brarti ya om?
    Wah nebelin dompet dulu nih wkw

  2. Ralat soal Tromol Belakang, ternyata pakai punya Kawasaki KLR 650cc (import)

  3. Ban nya itu tubeless gak masbro?

  4. @lexyleksono itu murni ban tubeless

  5. Itu serius Shinko di jalan off road ga enak? Licin atau gimana? Tekstur jalannya tanah merah becek gitu?
    Rencana mau ganti Shinko juga untuk kepentingan jalan off road.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *