Tips cara mudah & aman mengangkat moge yang terjatuh

joel-01

Bro.. kali aja niatnya mau menolong biker moge yang lagi terjatuh. Pertama yang ditolong adalah rider dan boncengannya dulu. Setelah orangnya beres, baru angkat motornya. Masalahnya moge itu berat, jadi ada cara mudah dan aman yang bisa dilakukan oleh siapapun hanya seeorang diri. Info ini sangat penting buat pemilik moge, dikala bro terjatuh dan ingin angkat atau menegakkan motornya perlu menyimak tipsnya.

Jusri Pulubuhu, direktur dan instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) dan Joel Deksa Mastana, master instruktur Safety Ride & Drive Center, Jakarta, menegaskan untuk tidak mengangkat sendiri dengan cara-cara biasa. “Otot akan cedera hingga tulang punggung,” kata mereka kompak.

Teknik menegakkan motor besar itu dikenal dengan istilah Move Smart (Manual, Handling, Stepping and Lifting). Intinya, kekuatan pada saat mengangkat diperoleh dari otot tricepsyang ada pada kedua paha dan memanipulasi bobot kendaraan agar dapat bertumpu pada kendaraan itu sendiri. “Seorang biker dengan bobot 60 kilogram pun dapat dengan mudah mendirikan moge yang berbobot 400 kilogram,” kata Jusri.

Berikut cara menegakkan motor besar seperti yang diajarkan Jusri dan Joel.

Motor Rebah Kanan

1. Jangan panik.
2. Ubah arah roda depan ke arah permukaan tanah.
3. Gerakan stang / handle bar melekat ke tangki atau sampai mentok stopper, agar ketika mengangkat ada weight shifting.
4. Pasang standar / tegakan standar untuk penyangga.
5. Berbalik arah dengan punggung bawah menempel sadel, ingat posisi biker harus dari sisi kanan.
6. Balikan kedua telapak tangan, dengan telapak kiri diletakan di handle grip, telapak kanan diletakan di jok atau bagian yang dapat digunakan untuk mengangkat. (Cari yang tidak mudah goyang, bergeser, atau permukaan pegangan harus kuat).
7. Pastikan kedua tangan berada di green zone (area yang tidak jauh dari kedua pinggul kita) semakin jauh maka tenaga lift akan kurang.
8. Periksa segala kemungkinan buruk yang mungkin akan terjadi.
9. Pastikan punggung bagian bawah telah menempel sadel.
10.Kedua kaki tidak terlalu melebar dan menjongkok dalam posisi proporsional.
11. Mulai mengangkat, pastikan punggung pada posisi tegak lurus tidak bending/membongkok sebagai tindakan pencegahan cedera punggung.
12. Ketika mengangkat gunakan power ditangan dan punggung secara maksimal.

Motor Rebah Kiri
Langkah sama persis diatas kecuali butir 3 dan 4.

Untuk mencegah motor jatuh kesisi kanan, maka ketika motor sudah mulai tegak sekitar 80 derajat segera berbalik dan pasang kuda-kuda dengan salah satu kaki biker harus maju dibanding posisi kaki satunya. Secara visual klik VIDEO by Motorcyclist Magazine.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *