Motor ‘Gado-gado’ Tamburini T12 Massimo Diluncurkan

T12 Massimo [Photo By: Bruno dePrato]

Bagi para pengguna moge kategori superbike tentu tidak asing dengan nama Massimo Tamburini, desainer moge ternama Itali merk Cagiva, Ducati, Bimota yang meninggal pada 6 April 2014 lalu. Sebelum wafat, Tamburini berimajinasi membuat superbike terbaik di dunia dengan menggabungkan komponen dari beberapa merk-merk moge terkenal.

Impian Tamburini akhirnya menjadi kenyataan berkat dedikasi anaknya Andrea, yang telah menciptakan dua unit Motor ‘Gado-gado’ Tamburini T12 Massimo.

Seperti yang dilansir cycleworld.com, Tamburini T12 Massimo resmi ditampilkan ke publik Itali pada 6 Mei 2016 kemarin. Tamburini T12 Massimo adalah motor ‘gado-gado’ yang berubah menjadi sebuah mahakarya superbike impian para penggila kecepatan.

Mesin BMW S1000RR pada T12 Massimo [Photo By: Brumo dePrato]

Mesin BMW S1000RR pada T12 Massimo [Photo By: Bruno dePrato]

Pasalnya sang maestro mempercayakan mesin superbike BMW S1000RR sebagai sumber tenaga motor ini, kemudian Swing Arm, Steel Plate dan Trellis Frame milik MV Agusta F3, Shockbreaker Öhlins GP type, Exhaust System dan Velg Marchesini Magnesium Forged copotan Ducati Panigale yang dibalut dengan ban Pirelli Diablo SBK racing 120/70-17 (depan) dan 200/60-17 (belakang) agar bobot superbike ini menjadi hanya 154,3 kilogram.

Tamburini T12 Massimo hanya berukuran GP 500 [Photo By : Bruno dePrato]

Selain itu bobot ringan motor juga ditopang dengan penggunaan fairing serat carbon bergaya MV Agusta F4. Untuk menghentikan laju ‘keberingasan’ dari motor berkekuatan lebih dari 230 hp ini, Andrea menyematkan seperangkat rem Brembo Racing.

Motor eksotik Tamburini T12 Massimo ini hanya akan diproduksi oleh Massimo Tamburini srl (Ltd) sesuai pesanan alias bukan produksi massal dengan harga jual mencapai 300.000 Euro atau sekitar Rp 4,6 miliar.

T12 Massimo [Photo By: Bruno dePrato]

T12 Massimo [Photo By: Bruno dePrato]

Your comment: