Driver GO-JEK Menggelar Aksi #GerakanBersihRanjauPaku

GerakanBersihRanjauPaku 01

Kembalinya ranjau paku di Jakarta belakangan ini, memicu puluhan driver GO-JEK menggelar aksi #GerakanBersihRanjauPaku. Mereka bersama-sama menyapu sejumlah titik di jalanan Ibukota yang diyakini sebagai ‘sarang’ ranjau paku pada tanggal 10 dan 17 Juli 2016 lalu.

Menurut Rizky, driver GO-JEK penggagas aksi #GerakanBersihRanjauPaku, awal mula gerakan simpatik ini muncul karena banyaknya pengendara motor dan mobil yang sering menjadi korban ranjau paku. Bahkan sampai menewaskan penumpang sepeda motor yang menjadi korban kecelakaan karena ban motornya pecah secara tiba-tiba dan dihantam kendaraan lain dari belakang.

“Awalnya aksi #GerakanBersihRanjauPaku ini kita gelar karena sudah banyak makan korban termasuk rekan srikandi driver yang pada Februari 2016 lalu kecelakaan karena bannya sedang membawa penumpang,” kata Rizky, salah satu driver GO-JEK pencetus tim relawan GO-JEK kepada MotoBikerz.

GerakanBersihRanjauPaku 02

“Hingga saat ini yang sering ikut bersih-bersih ranjau paku sekitar 10-25 orang, bahkan ada juga yang bukan driver GO-JEK ikutan bantu,” imbuhnya.

Aksi para relawan ini biasanya dilakukan satu kali dalam sepekan. Titik-titik yang saat ini mereka fokuskan adalah 4 flyover yang diketahui sebagai titik rawan, yakni Kuningan, Pancoran, Slipi, dan Roxy Grogol. Selain membersihkan ranjau paku, Rizky mengatakan bahwa mereka ingin memperingatkan penebar ranjau paku agar menghentikan aksinya.

“Jangan berbisnis dengan merusakan kendaraan orang lain, bahkan berakibat menghilangkan nyawa orang,” ujar pria berusia 32 tahun tersebut.

Aksi mereka ini juga menimbulkan pro-kontra yang muncul. Mereka yang kontra merasa kesal lantaran aksi tersebut kerap menimbulkan kemacetan. Namun tidak sedikit juga yang mendukung karena gerakan tersebut menyelamatkan banyak orang. Bahkan, tak sedikit pelanggan GO-JEK yang ikut menyumbangkan materi untuk mendukung aksi tersebut.

Yang mantap, aksi #GerakanBersihRanjauPaku yang hanya ada di Jakarta kini terdengar hingga kota lain seperti Depok, Tangerang, Bandung dan kota besar lain dimana GO-JEK beroperasi. Sehingga para relawan yang di kota-kota tersebut juga ikut tergerak turun ke jalan menggelar #GerakanBersihRanjauPaku di kota mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *