The 4th Classic Bike Race BBMC: Melestarikan Aset Sejarah Indonesia

DSCF0799

Perayaan HUT ke-25 Bikers Brotherhood MC Indonesia tahun ini diawali dengan gelaran heboh The 4th Classic Bike Race yang dipentas di Sirkuit Brigif 15 Cimahi, 2-3 November kemarin. Sebanyakan 282 rider dan 128 starter meramaikan hajatan BBMC sebagai rangkaian heat event pertama The 25th Silver Jubilee of BBMC.

Berbagai peserta dari klub dari Surabaya, Probolinggo, Yogyakarta, Jakarta, Bogor dan lain-lain meramaikan 19 kelas yang dipertandingkan mulai CB, Vespa hingga motor-motor tua Eropa dan Amerika.

Classic Bike Race memang menjadi wahana yang menampung antusias para penggemar balapan motor tua yang tidak terakomodasi di kejuaraan balap institusi resmi. BBMC melihat bahwa untuk melestarikan sejarah tidak melulu harus dengan melakukan kegiatan yang umum. We have our own rock n roll to show we care, seperti yang sudah sering dikumandangkan BBMC.

“Di luar race yang menjadi kontribusi BBMC di dunia balap, Classic Bike Race adalah wahana pemersatu bagi kalangan bikers lainnya, misalnya Vespa. Kita sudah berdiri seperti sekarang hingga 25 tahun karena adanya klub-klub lain atau komunitas yang selalu mendukung BBMC. Seperti sekarang komunitas sepeda onthel dan juga kita mengundang para kaum difable yang meramaikan balapan” ujar Budi Dalton, El Presidente BBMC Indonesia.

Ditambahkan El Presidente, acara Classic Bike Race juga diadakan dalam rangka menyambut Hari Pahlawan 10 November di mana BBMC juga mempunya hajatan lain yakni Kayuh untuk Pahlawan, yakni kegiatan sepeda santai bagi masyarakat pada tanggal tersebut.

“Yang paling penting, CBR adalah salah satu bagian dari kepedulian BBMC terhadap aset sejarah Nasional. Menurut UU No.5 Tahun 1992 mengenai Cagar Budaya yang telah disempurnakan UU No.11 tahun 2010,bahwa benda yang lebih dari 50 tahun, harus menjadi perhatian pemerintah. Artinya, kita butuh perhatian setidaknya dengan kemudahan surat buat motor tua untuk melestarikannya,” sambung Budi mendampingi Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar pada pembukaan CBR.

Dalam kaitannya dengan perayaan ulang tahun ke 25, BBMC tengah merancang pembangkit listrik tenaga accu serta motor antibanjir serta pembangunan Masjid Al Ukuwah di Cibiru yang peletakan batu pertamanya telah dilakukan Oktober lalu sebagai bagian dari program Brotherhood for Education.

”Sementara program Brotherhood Care juga menjadi bagian dari Forum Pengurangan Risiko Bencana Jawa Barat,” tambah Budi Dalton.

Sedangkan puncak acaranya, BBMC mengadakan program apresiasi berupa hadiah motor ‘Respect Bike’ Triumph Bonneville T100 special edition yang dirancang custom ala BBMC serta 24 official merchandise lainnya dengan membeli kupon sebesar Rp 250,000,-. Motor tersebut akan diundi di acara puncak The 25th Silver Jubilee of BBMC di Gudang Persediaan PT KAI, Jl Sukabumi Bandung.

Sumber: http://stephenlangitan.com/archives/80783

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *