Jalan-jalan ke Ladakh & sewa motor ke Khardungla Pass 18.380 feet

IMG_0066

Ini sekedar referensi buat para peturing atau mereka yang ingin jalan-jalan di sekitar Ladakh sekaligus menuju Khardungla Pass Top 18.380 feet yang dikenal sebagai jalan tertinggi didunia. Apakah masbro harus bawa motor dari Indonesia kesana? Tidak perlu. Masbro bisa menyewa motor di kota Leh. Terus caranya bagaimana?

Masbro harus terbang ke Leh yaitu sebuah kota di sebelah utara India (Northern India). Kalau dari Jakarta, lebih dulu terbang ke Singapura atau Kuala Lumpur, kemudian lanjut terbang ke New Delhi India. Setelah di New Delhi, besoknya terbang lagi menggunakan penerbangan domestik ke Leh dengan waktu 1.30 menit. Untuk harga tiket pesawat silahkan cek sendiri via travel agent.

IMG_0053Setelah tiba di Leh dengan ketinggian 3.500 meter (bandingkan dengan ketinggian Puncak Pass Jawa Barat hanya 1.500 meter dpl), masbro sangat disarankan untuk menginap atau beristirahat di salah satu penginapan di kota Leh sekaligus menyesuaikan diri (beradaptasi) dengan iklim disana. Sebaiknya waktu yang tepat datang ke Leh pada musim panas antara Juni-Agustus.

Pengalaman MotoBikerz.com bulan Juli lalu kami menginap di Leh mengambil lokasi di kawasan Ford Road dan kebetulan disana ada banyak sekali pertokoan, cafe, money changer sehingga jika ada barang bawaan yang lupa atau kurang masih mudah dicari. Namun sebaiknya jika ingin datang ke Leh lebih dulu membuat reservasi hotel melalui travel agent atau langsung via online. Daftar hotel di Leh bisa ditanyakan langsung via Mbah Google dengan keyword “hotel in leh”.

Nah, kebetulan dikawasan Ford Road ini ada banyak tempat sewa motor sehingga masbro dapat memilih sendiri jenis motor yang diinginkan dan pada umumnya jika mau dipakai ke Khardungla Pass maka motor yang direkomendasikan adalah merek Royal Enfield, apakah itu model Classic, Bullet atau Himalayan.

Contohnya harga rental RE Classic 500cc adalah Rs.1600 per hari ditambah Rack/Saddles Rs. 100 per hari dan kalau mau dikoversikan dari total Rs.1700 (Indian Rupee) menjadi Indonesia Rupiah adalah Rp. 340.000 ribu saja. Berikut ini adalah contoh daftar harga sewa motor atau rental bike di Leh Ladakh:

IMG_0051

Untuk perjalanan hari pertama sudah cukup menuju Khardungla Pass 18.380 feet (5.600 meter dpl) yang hanya berjarak 50 km dari Leh (100 km pulang pergi). Bensin diisi full pada saat mau meninggalkan Leh, dan lokasi SPBU sangat mudah dijumpai di Leh walaupun disana hanya ada satu SPBU saja yang tersedia. Harga bensin rata-rata Rs. 70 per liter (Rp. 14 ribu per liter).

Untuk perjalanan hari kedua dan ketiga, masbro bisa berkunjung ke banyak lokasi destinasi menarik yang berada di sekitar Leh Ladakh dan biasanya pihak rental motor akan memberikan saran-saran kemana saja yang wajib dituju selama masbro disana. Waktu 3 hingga 4 hari sudah sangat cukup untuk berwisata di sekitar Leh Ladakh termasuk ke Pangong Tso Lake, dan masbro bisa pulang lagi dengan pesawat melalui rute Leh – Delhi – Singapura dan Jakarta.

14199261_10210861065026399_3913015916590465869_n

Berfoto di Khardungla Pass 18.380 feet (5.600 meter dpl)

Bilamana masbro masih ingin menjajal pegunungan Himalaya alias touring adventure hingga mencapai Nubra Valley, Tso Kar, Spiti Valley, Narkanda, dan lain-lain,  maka dibutuhkan waktu yang lebih lama dan minimal 10 hari dengan persiapan khusus.

Selama jalani touring adventure di Himalaya jangan lupa membawa peralatan motor sendiri yaitu helm, jaket touring 4 seasons, sarung tangan, sepatu boot, tankbag, dufflebag waterproof, kacamata hitam, dan lain-lainnya termasuk membawa obat-obatan, passport, alat tulis, dan pasfoto 4×6 yang banyak (10 biji) karena sangat dibutuhkan saat melewati Police/Secuirty Check Point.

Trekking

Selain jalani touring, masbro bisa juga melakukan Trekking karena kegiatan ini sangat menarik dan banyak diminati oleh wisatawan asal Indonesia yang sudah pernah kesana. Untuk kegiatan trekking di Leh Ladakh, maupun di wilayah India yang lainnya hingga ke Nepal silahkan kunjungi website ini atau hubungi Ventura TravelKing, HP/WA +62 8170990708, email: venturatravelking@gmail.com.

Referensi

Berbagai artikel tentang Leh Ladakh sudah banyak dimuat di berbagai media mainstream maupun tulisan blogger sehingga bagi masbro yang serius mau kesana bisa mencarinya melalui Mbah Google, dan salah satunya adalah artikel ini yang ditulis dalam bahasa Indonesia. Informasi tentang Leh Ladakh sangat lengkap jadi masbro ngga usah kuatir, hanya saja siapkan dana agar bisa berangkat dan berfoto di Khardungla Pass 18.380 feet. Jadikan ini sebagai salah satu sejarah bahwa masbro telah mencapai jalan tertinggi didunia.

2 thoughts on “Jalan-jalan ke Ladakh & sewa motor ke Khardungla Pass 18.380 feet

  1. otojurnal says:

    Thanks bro. Berguna sekali

  2. Jembarpamungkas says:

    Big thanks brother…. saya amat tertarik kesana. Mohon info ttg temperatur disana dan pengurusan visa, serta kira2
    brp uang yg harus dibawa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *