Begini Cara Kenali Ciri-Ciri Kabel Kopling Akan Putus

whatsapp-image-2016-11-18

Sepeda Motor yang menggunakan tuas kopling manual memiliki resiko putus dalam kondisi tertentu. Putusnya kabel kopling ketika berkendara bisa sangat menjengkelkan, oleh karena itu penting bagi kita para pengguna sepeda motor dengan kopling manual agar mengetahui gejala dari tali kopling yang akan putus.

Tali kopling yang akan putus biasanya akan terasa kendur/loss pada saat ditarik, gejala tuas kopling kendur biasanya terjadi akibat serat kawat seling yang bentuknya seperti helai rambut sudah mulai putus, sehingga membuat renggang setelannya. Bila terdengar suara mengerat, itu juga menjadi indikasi bahwa kabel kopling sudah ada yang putus atau menempel dengan sarung kabelnya karena kering dan berkarat.

Ini adalah tips singkat merawat kabel kopling sepeda motor kesayangan anda, pastikan selang pembungkus kabel tersebut dalam keadaan lurus dan jika terdapat yang bengkok segera posisikan dengan benar. Cek pula bagian karet pelindung jika ada yang terkelupas maka dapat dipastikan rawan sekali jika terkena air hujan sehingga menyebabkan karatan. Untuk membersihkan karatan tersebut, kita cukup memberikan pelumas kedalamnya setiap tiga bulan sekali.

Manager Part PT. Tunas Dwipa Matra Romy Endiko mengatakan penyebab utama kabel gas sering putus adalah plat di dalam karet tersebut rusak sehingga membuat pergesekan dengan kabel yang kemudian memutusnya. Untuk kejadian seperti ini lebih baik segera diganti dengan yang baru secara keseluruhan karena jika yang diganti hanya kabelnya saja maka tetap saja akan kembali terputus apabila bergesekan dengan plat yang rusak tersebut.

“Gunakanlah Honda Genuine Cable, karena material protector dan coating terbuat dari bahan PVC tipe PVCf dengan tingkat kelenturan tinggi, sehingga terlindung dari abrasi. Outer Layer dan Inner Cable dengan spesifikasi HES dan JIS, sehingga kabel tidak mudah macet dan terkunci. Liner berbahan polyethylene memberikan proteksi menyeluruh dari air, debu dan cuaca sehingga umur pakaibisa lebih lama.” Tutupnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *