Solo Touring BORNEO hari ke-19, mampir ke Konsulat RI Tawau

Hari Jumat, 20/1/17 adalah perjalanan Solo Rider Stephen Langitan (SL) di hari ke-19 dalam rangka menyelesaikan ajang Solo Touring BORNEO Lintas 3 Negara (Indonesia – Malaysia dan Brunei). Rute dihari tersebut saya hanya menempuh jarak pendek antara Tawau menuju Kampung Kalabakan sejauh 92 Km pasalnya saya harus mengurus dokumen penting di Tawau bahkan sempat mampir ke kantor Konsulat Republik Indonesian di Tawau Sabah Malaysia.

Nah bagi mereka yang ingin mengikuti jejak Solo Rider SL perlu menyimak urutan dan tahapan mengurus dokumen chop/cap/stempel imigrasi dan Carnet berikut ini:

  1. Jam 07.00 saya sarapan pagi bersama Bang Ruly dan Kak Malinda. Dalam obrolan sarapan pagi ini, mereka banyak memberikan informasi penting tentang jalan darat di perbatasan Malaysia (Sepadan) – RI (Simanggaris Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara) yang sangat berat sehingga persiapan harus benar-benar diperhatikan, antara lain pesannya jangan lupa membawa tali, bekal, minyak bensin cadangan, serta minuman yang banyak.
  2. Jam 08.30 saya check out hotel langsung menuju Terminal Ferry Tawau untuk mendapatkan chop/cap passport keluar Malaysia. Sayang, petugas imigrasi Malaysia mengatakan bahwa yang minta chop passport seharusnya untuk penumpang kapal ferry menuju Pulau Nunukan dan/atau Pulau Tarakan. Sedangkan untuk jalan darat atau pengendara motor dikatakan hal ini tidak lazim. Oleh karena itu petugas imigresen Malaysia meminta Surat Keterangan dari Konsulat Republik Indonesia di Tawau
  3. Jam 09.00 saya tiba di Konsulat Republik Indonesia (RI) Tawau, kemudian Surat Keterangan segera dibuatkan oleh petugas Konsulat RI Tawau
  4. Jam 11.30 Surat Keterangan dari Konsulat RI Tawau selesai (agak lama karena saya harus menunggu pimpinan konsulat yang sedang rapat). Sebelum meninggalkan kantor Konsulat RI Tawau sayapun foto bersama dengan staff dan pimpinan (foto di atas)
  5. Jam 12.00 Kembali saya datangi petugas Imigrasi Malaysia di Teiminal Ferry Tawau sambil membawa Surat Keterangan dari Konsulat RI Tawau
  6. Jam 12.15 Interview dengan Polisi Malaysia di Terminal Ferry Tawau untuk menceritakan perjalanan bagaimana membawa sepeda motor lewat jalur darat, apa tujuannya dan mengapa.
  7. Jam 12.30 Chop/cap passport exit Malaysia akhirnya bisa diperoleh
  8. Jam 13.00 Menuju Kantor Kastam (Custom) atau Bea Cukai Malaysia tidak jauh dari Terminal Ferry Tawau untuk mendapatkan cap dokumen CPD Carnet, sayang saat itu sedang jam istirahat dan sayapun menunggu sampai jam 14.00. Sementara itu saya ke kedai untuk makan siang dan tiduran halaman rumput yang teduh.
  9. Jam 14.00 Saya balik lagi ke Kantor Kastam (Custom) atau Bea Cukai Malaysia untuk mendapatkan cap dokumen CPD Carnet
  10. Jam 14.30 Akhirnya cap dokumen CPD Carnet diperoleh tanpa ada masalah.
  11. Jam 15.00 Bersama Bro Saidi seorang biker Tawau, saya langsung menuju Kampung Kalabakan sejauh 92 km yaitu desa terdekat di wailayah perbatasan Malaysia – RI. Ditengah perjalanan saya mampir di Kampung Morotai untuk minum kopi sambil menunggu reda hujan deras yang telah mengguyur saya dan Bro Saidi.
  12. Jam 17.00 Tiba di kedai bundaran Kalabakan dan saya bertemu dengan 2 bikers Kalabakan yang sudah menunggu dan akan mengantarkan saya masuk ke wilayah perbatasan, yaitu Bro Zack dan Bro Zuan. Dari obrolan di kedai, karena hari sudah terlalu sore maka diputuskan menginap dulu di rumah penduduk di Kalabakan, dan perjalanan masuk ke perbatasan Malaysia – RI melalui jalan darat perkebunan sawit dilanjutkan esok harinya. Sementara itu Bro Saidi kembali ke Tawau meninggalkan saya bersama Bro Zack dan Bro Zuan.
  13. Jam 17.30 Mampir ke stasiun Petronas untuk isi minyak bensin, termasuk isi jerigen cadangan (Suzuki Inazuma dan 2 motor bebek lawas milik Bro Zack dan Zuan).
  14. Jam 18.00 Tiba di rumah penduduk di Kalabakan dari referensi Bro Zack. Kami makan malam dan istirahat.

Artikel hari berikutnya adalah tentang perjalanan yang sangat mendebarkan, yaitu perjuangan saat melintas jalan darat di hutan perbatasan negara Malaysia – Republik Indonesia.

SPONSORED BY:
SUZUKI – PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS)
FEDERAL OIL – PT Federal Karyatama
BOSCH – PT Robert Bosch
CST – CST Tire
SINNOB – Sinnob Gear

SUPPORTED BY:
KYT, 7GEAR, RESPIRO, IMI (Ikatan Motor Indonesia)

2 thoughts on “Solo Touring BORNEO hari ke-19, mampir ke Konsulat RI Tawau

  1. […] Solo Touring BORNEO hari ke-19, mampir ke Konsulat RI Tawau […]

  2. […] Hari ke-19 Tawau – Kalabakan 92 Km https://motobikerz.com/archives/20032 […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *