Solo Touring BORNEO hari ke-26, jalan bareng ION dan STC Samarinda

Hari Jumat, 27/1/17 mejadi perjalanan Solo Rider Stephen Langitan (SL) yang ke-26 dalam rangka menyelesaikan ajang Solo Touring BORNEO. Rutenya sejauh 163 Km dari Sangata menuju Samarinda, Ibukota Kalimantan Timur via Bontang. Tetapi kali ini tidak jalan sendiri, karena ada banyak teman-teman bikers Kaltim yang ikut mennyertai.

Sebagaimana saya ceritakan di artikel sebelumnya, ada bikers STC Samarinda dan ION Samarinda yang datang menjemput. Jadi pada perjalanan hari ini saya dikawal oleh 4 bikers Inazuma (Bro Haikal, Iman, Hartono, dan Arif) ditambah 3 bikers lainnya yang Scorpio Modif, Nmax, dan CBR150.

Start jam 08.00 dari rumah Haikal kemudian kami isi bensin, setelah itu perjalanan bersama menuju Bontang berjarak 65 Km. Setibanya di Gerbang Bontang, saya dengan teman-teman sudah ditunggu oleh bikers Bontang dan selanjutnya kami jalan bersama menuju sebuah rumah di pusat Kota Bontang.

Singkat cerita, saya dan teman-teman mendapat jamuan sarapan pagi. Dirumah warna ungu milik seorang bikers Bontang (maaf lupa namanya karena ada banyak teman baru dari Bontang yang disalami), kami semua sarapan pagi dengan menu khas Bontang. Pokoknya sedap bro makanannya dan kenyang membuat saya terlena duduk disofa.

Belakangan saya mendapat messaga dari facebook yang ditulis oleh Sist Astin Yulnasrifah, menyebutkan pesan sebagai berikuit:

Thanks bang Stephen Langitan sudah.mampir di rumah ungu jangan kapok main.ke tanah BORNEO maksi.jg utk BROTHERHOOD samarinda bontang yang sudah singgah dan membantu Bro Puthe Aer-Bontang ThunderClubMukry La Bondhenk Mechel hati hati.dijalan.ya.bang. Bobby Septhian JoHn Rocket’z Arif Stc Kosongtigapuluh Naniek Aryzah thanks YSCO,BTC Lbbi Bontang Suzuki All Series Bontang Xekota BontangHaika Setyawan Noel thanks ya.udh nyempatin waktunya.

Usai sarapan di Bontang sekitar pukul 11.00, saya dan kawan-kawan Samarinda mohon diri, dan kami diantarkan sampai pertigaan Bontang – Sangata – Samarinda. Bro Haikal dari Sangata pun berpisah dengan kami, kemudian perjalanan saya dengan bikers Samarinda kembali dilanjutkan.

Cerita menarik di jalan provinisi antara Bontang – Samarinda sejauh 115 Km ini antara lain ada mobil merah yang sepertinya ia tak suka didahului oleh kami sebagai pengendara motor dan terjadi seru-seruan. Tampak di video aksi mobil merah ini bermanuver cepat yang sangat berbahaya. Sayang mobil merah ini tertahan di dalam antrian mobil lainnya di jembatan sedangkan motor lempeng lurus kedepan di jalur kanan.

Saya melihat kondisi jalan jauh lebih baik dari Bontang ke Samarinda dari pada Sangata ke Bontang, dan saya kagum bisa menjumpai jalan lebar yang katanya jalan ini dulunya disebut dengan jalan menuju Gunung Menangis Samarinda – Bontang, tapi kini menjadi jalan lebar dan tidak ada kendala apapun saat menempuh jalur ini.

Pukul 12.00 an rekan-rekan bikers Muslim berhenti untuk sholat Jumat, sedangkan saya mohon ijin untuk meneruskan perjalanan ke kota Samarinda yang sudah dekat hanya berjarak 25 km. Saya dikawal oleh Bro Robby pengendara NMax agar lansung diantar menuju Suzuki Samarinda dengan maksud melakukan servis rutin. Setibanya di Suzuki Juanda Samarinda saya berjumpa dengan rekan-rekan bikers Samarinda dari STC Samarinda. Wah.. ramai sekali sambutannnya.

Sementara menunggu Inazuma berada di pit servis yang ditangani langsung oleh kepala mekanik Suzuki Juanda Samarinda, sayapun berbagi cerita tentang pengalaman Solo Touring BORNEO Lintas 3 Negara (Indonesia – Malaysia – Brunei) dengan bikers Samarinda. Tentunya cerita yang disampaikan adalah kisah yang seru-seru, seperti saat saya berada di Kuching, Sunmori di Brunei, tiba di ujung tanduk Borneo, lewat hutan perbatasan Malaysia – RI, naik speedboat ke Nunukan, juga penjelasan tentang dokumen Carnet.

Btw.. soal servis Suzuki Inazuma sebenarnya motor saya tidak ada masalah sedikitpun hanya perlu membersihkan filter udara dan pengecekan, serta setel rantai yang agak kendor. Menurut mekanik kondisi mesin motor Inazuma joss banget dan siap melanjutkan riding ke Balikpapan hingga Banjarmasin, jadi saya akan servis rutin yang berikutnya nanti setelah finish di Jakarta. Luar biasa Inazuma ini.. tangguh sekali!

Pada pukul 16.00 saya diantar ke lokasi cuci motor. Sementara motor Inazuma lagi dicuci sayapun dibawa ke lokasi penginapan bintang 4, tepatnya Grand Victoria Hotel di Jl. Letjend. S. Parman No. 11 Samarinda. Wow.. ternyata penghinapan ini merupakan jamuan khusus dari dealer Suzuki Juanda Samarinda Kaltim yang dikoordinasikan bersama ION Samarinda. Luar biasa.. dan saya sangat bahagia mendapat penginapan mewah ini walaupun hanya satu malam.

Pukul 19.00 saya janjian dengan Bro Hartono ION Samarinda untuk bertemu di lobby hotel karena ada staff dari Suzuki Juanda Samarinda yang ingin menjumpai saya. Setelah kami ngobrol-ngobrol sebentar, kemudian rekan-rekan ION Samarinda dan STC Samarinda membawa saya ke lokasi makan malam.

Uniknya Bro Iman ION Samarinda menggunakan mobil Jeep Willys walas dengan kap terbuka, setir kiri dan kami menuju lokasi makan malam. Pada acara makan malam hadir Bro Aris STC Samarinda yang dikenal memiliki pengalaman dan pernah berkendara keliling Borneo termasuk ke Malaysia dan Brunei.

Usai makan malam dilanjutkan dengan minum STMJ sekaligus jalan-jalan keliling kota Samarinda menggunakan mobil Jeep Willys terbuka milik Bro Iman, ikut serta Bro Hartono dan Bro Aris. Pukul 23,00 saya kembali ke hotel untuk istirahat karena besoknya akan jalani rute ke Balikpapan dan terus ke arah Kalimantan Selatan.

Akhir kata saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Bikers Sangata (Bro Haikel), Bikers Bontang, STC Samarinda, ION Samarinda, dan pimpinan Suzuki Juanda Samarinda. Tak lupa saya juga berterima kasih atas pemberian souvenir Dayak seperti gelang dan kalung dari rekan-rekan STC Samarinda, Kalian memang luar biasa.

Artikel berikutnya adalah perjalanan dari kota Samarinda – Balikpapan sampai Simpang Kurau.

SPONSORED BY:
SUZUKI – PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS)
FEDERAL OIL – PT Federal Karyatama
BOSCH – PT Robert Bosch
CST – CST Tire
SINNOB – Sinnob Gear

SUPPORTED BY:
KYT, 7GEAR, RESPIRO, IMI (Ikatan Motor Indonesia)

One thought on “Solo Touring BORNEO hari ke-26, jalan bareng ION dan STC Samarinda

  1. […] Hari ke-26 Sangata – Samarinda 163 Km https://motobikerz.com/archives/20176 […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *