Test Ride Honda CRF250Rally di Trek BMX Ancol

Pada hari Sabtu, 18 Maret 2019 MotoBikerz.com dengan rider Stephen Langitan (SL) mendapat undangan dari Main Dealer Honda DKI Jakarta & Tangerang, PT Wahana Makmur Sejati (WMS) untuk melakukan test ride motor terbaru Honda CRF250Rally  di kawasan Ancol, Jakarta Utara melewati trek dengan kontur jalur bumpy, tanah liat, jalan aspal, dengan berbagai rintangan.

Yang pasti MotoBikerz.com dapat merasakan langsung bagaimana performa CRF250Rally sebagai motor dengan DNA adventure dengan mesin berkapasitas 250cc. Bagaimana kesan dan impresi MotoBikerz.com terhadap motor semi trail yang ditawarkan dengan harga jual OTR Rp. 63.075.000 untuk wilayah DKI Jakarta dan Tangerang ini?

Motor 250cc ini termasuk tinggi, ketinggian jok 895 mm tetapi Rider SL dengan postur tubuh tinggi 176 cm dan berat badan 78 kg bisa langsung naik dan duduk diatas joknya walaupun pada awalnya rada susah, harus ambil acang-ancang dulu mungkin karena memang belum biasa angkat kaki kanan setinggi mungkin melewati buritan belakang yang lebih tinggi dari joknya (desain buritan belakang agak lancip naik keatas).

Begitu duduk suspensinya langsung terasa empuk, enjut-enjutannya terasa asyik apalagi ketika dibawa melewati berbagai rintangan, semakin asyik. Ya, motor ini sangat terasa mudah dikendalikan saat melalui jalan kasar, berumput, jalan tanah, jalan lumpur, maupun jalan aspal.

Pada saat test ride, diberikan 2 putaran dan terasa masih kurang mengingt antrian yang mau ikut test ride bersamaan dengan komunitas konsumen Honda CBR. Dengan styling DNA, motor CRF250RALLY ini memang terasa berbeda menjadi sebuah motor idaman untuk para petualang yang menginginkan motor yang ringan dan mudah dikendalikan, dimana saja dan kapan saja.

CRF250RALLY lebih cocok menaklukkan perjalanan pendek dengan kondisi trek kasar pasalnya cukup melelahkan karena harus sering berdiri, karena dengan berkendara sambil berdiri maka motor akan lebih mudah dikendalikan. Baru saja start digigi satu dengan tarikan gas sedang, motorpun langsung liar, ban belakang beputar cepat minta segera melaju.

Sasis CRF250RALLY terbuat dari besi baja, dengan bagian utama ganda berbentuk oval dan semi-double cradle. Sasis ringan ini membuat motor mudah diajak main-main seperti jumping dan whelie. Namun hal ini tidak dilakukan oleh Rider SL, tapi sangat terasa sekali power mesin 250cc liquid-cooled single-cylinder DOHC ini memang difokuskan pada pada torsi bawah dan tenaga di rpm tinggi.

Tingkat percepatan CRF250Rally adalah enam-speed dengan tenaga maksimum yang dihasilkan mencapai 18.2kW / 8.500 rpm dan torsi maksimum 22.6Nm / 6,750 rpm. Sayang sekali pada test ride tersebut, Rider SL tak sempat merasakan sampai gigi 5 dan 6, bahkan tak sempat mencapai kecepatan maksimunnya. Mungkin pada test ride berikutnya kami akan coba lagi bahkan ada rencana langsung diajak turing keluar kota.

Saat melewati kontur jalan rumput bergelombang, motor CRF250Rally ini mudah diajak kencang apalagi kalau mau melompat pasalnya jarak wheelbase-nya 1,455 mm dan jarak terendah ke tanah 270 mm dan beratnya pun cukup ringan hanya 155 kg. Anjut-anjutan motor ini enak sekali karena menggunakan suspensi belakang Pro-Link dengan panjang langkah 265 mm, 25 mm.

Nah bagusnya lagi, motor CRF250Rally ini menggunakan swingarm alumunium yang dipadukan dengan monoblock cast. Akibatnya motor ini mampu memberikan sensasi berkendara dengan keseimbangan dan kekuatan yang tepat. Pada bagian rantai terlihat ada aluminium ekstrusi yang digunakan untuk collar penyetel rantai roda. Lengan ayun yang ringan ini membuat berkendara CRF250Rally ini menjadi semakin nyaman, enteng banget.

Untuk pengereman ban terbilang optimal dan tidak ada masalah, karena motor CRF250Rally ini dipasang floating wave-style disc ukuran 296 mm dengan kaliper dua piston. Sementara dua chanel ABS dipasang sebagai model standar dan sebagai pilihan pengendara dapat dinonaktifkan kaliper belakangnya.

Tampangna keren, bukan hanya karena desain dan warna tetapi motor CRF250Rally ini hadir menggunakan rim wheel alumunium warna hitam Alumite (ukuran 21 inchi bagian depan dan 18 inchi belakang) dan menggunakan ban dengan pola dual purpose (merek IRC ukuran depan: 3.00-21 51P, belakang: 120/80-18M/C 62P).

Bicara soal bahan bakar, maksimum hanya 10,1L (termasuk 1,6L cadangan) dan ini sudah mampu menjelajah lebih dari 320 km berkat hasil konsumsi bahan bakar 33,4 km/l (mode WMTC).

Dalam keterangan pers yang dikeluarkan PT Wahana Maksmur Sejati unit CRF250Rally ini hanya tersedia satu pilihan warna, yaitu Extreme Red. Nah, buat masbro yang penasaran dan hobi naik motor “main tanah” bisa langsung test ride dengan menghubungi:

PT Wahana Makmur Sejati (Wahana Honda)
Gedung Wahana Artha
Jl. Raya Gunung Sahari No. 32
Jakarta Telp. +62 21 6012070

One thought on “Test Ride Honda CRF250Rally di Trek BMX Ancol

Your comment: