Pertamina Enduro G.O.A – ‘Ride To The East’: Cara Masuk Ke Timor Leste Pakai Motor

Perjalanan touring “Duo Rider Enduro” Bro Angga dan Bro Adnan menuju Timor Leste dalam event bertajuk ‘Pertamina Enduro Go Out & Adventure – Ride To The East’ telah tuntas melewati Nusa Tenggara Timur. Kini tiba saatnya mereka memasuki penyeberangan lintas batas negara Motamasin (PLBN Motamasin) antara NTT dengan Timor Leste. Berikut cara masuk ke Timor Leste pakai motor.

Untuk pengendara cukup menyiapkan Paspor dan SIM C yang masih aktif.

Untuk motor :
– Carnet de Passage yang harus dikeluarkan oleh IMI Jakarta
– Untuk warga yang berdomisili / memiliki KTP NTT tidak diperlukan Carnet
– Sebelum masuk border kita ke kantor polisi yang ada terdekat dari border untuk membuat surat keterangan masuk kendaraan dari Kepolisian Indonesia setempat, nanti STNK asli ditukar dengan Surat tsb, Pajak STNK wajib masih berlaku.
– Siapkan Fotocopy 3 rangkap Dokumen SIM C, KTP, STNK, Paspor.
– Jika semua sudah siap kita bisa masuk border untuk motor dulu, setelah motor sdh masuk baru ridernya masuk melalui pintu pemeriksaan untuk di stamp paspor.
– Saat motor diperbolehkan masuk/keluar dari wilayah Indonesia akan diberikan surat pengantar kendaraan untuk diperiksa di border Timor Leste.
– Memasuki Timor Leste, semua barang bawaan yang kita bawa di motor wajib dilepas untuk di scan masuk (seperti di airport)
– Membayar tax USD 30 untuk motor dan orang.
– Selesai semua kita diperbolehkan melintas Timor Leste, tapi sebelumnya akan ada pemeriksaan kembali dari Kepolisian Timor Leste untuk memeriksa dokumen dan Surat Pengantar dari Kepolisian Indonesia
– kalau semua sudah beres baru kita bisa melintas di Timor Leste

Jangan selalu senyum dan menyapa karena wajah petugas semua datar dan sangar (memang SOP nya seperti itu) tapi setelah kita melempar senyum lebih dulu mereka akan lebih welcome terhadap kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *