Perjalanan Ekspedisi Khatulistiwa Indonesia membuat Taman Baca di Desa Hilinawalo Batusalawa

Pada tanggal 28 November 2021 perjalanan Ekspedisi Khatulistiwa Indonesia yang dilakukan oleh seorang bikers bernama Adnan Photology melakukan kegiatan sosial berupa membuat sebuah Taman Baca di Desa Hilinawalo Batusalawa. Kegiatan ini dilaksanakan bersama salah satu sponsor yaitu BenihBaik.com sebuah situs dan aplikasi donasi sebagai penghubung #TemanBaik untuk membantu #TemanKita. Kegiatan donasi ini dimulai pada tanggal 19 September – 4 Oktober 2021 dan dalam 15 hari berhasil terkumpul dana senilai Rp. 953.031. 

Masalah yang dihadapi dalam membuat taman baca di Nias Selatan ini adalah kurangnya beberapa barang untuk kebutuhan taman baca serta harga barang yang sangat tinggi membuat semua kebutuhan untuk taman baca ini dibeli dari marketplace dan dikumpulkan di Garut oleh salah satu rekan bernama cecep selaku admin Garut Motovlogger yang ikut serta membantu perjalanan Ekspedisi Khatulistiwa Indonesia. Masalah lainnya adalah ongkos kirim yang cukup mahal serta waktu pengiriman yang lama membuat penyaluran taman baca ini terhambat sampai bulan November. 

Kegiatan ini didukung oleh salah satu relawan pejelajah sepeda motor asal bandung bernama Muhammad Septa Saputra (Max) yang sudah lama tinggal di Desa Hilinawalo Batusalawa dan membantu pembangunan pariwisata dengan nama lokasi Sihugu-Hugu Campsite yang letaknya tidak jauh dari Desa Hilinawalo Batusalawa.

Penyaluran taman baca di Desa Hilinawalo Batusalawa ini juga dihadiri oleh Komunitas Bale Ndraono (KBN) salah satu wadah bermain dan belajar gembira untuk anak. Dari KBN ini sendiri dihadiri oleh Mba Rebecca dan beberapa teman lainnya yang ikut meramaikan penyaluran Taman Baca di Desa Hilinawalo Batusalawa ini.

Tujuan dari membuat Taman Baca ini adalah untuk mengisi kegiatan Anak-Anak di Desa Hilinawalo Batusalawa pada saat melakukan kegiatan sanggar, sehingga Anak-Anak dapat membaca buku disela-sela kegiatan Latihan sanggar.

Ekspedisi Khatulistiwa Indonesia akan terus melakukan kegiatan sosial untuk membantu masyarakat diseluruh Indonesia, tentunya sesuai dengan salah satu tujuan perjalanan ini “dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar yang dilalui”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *