Honda CRF Community Bali Tetap Solid

Pabrikan Astra Honda Motor secara resmi mengenalkan Honda CRF150L pada bulan November 2017. Peristiwa ini cukup menggegerkan jagad otomotif Indonesia pasalnya Honda CRF150L merupakan model street legal. Kegegeran itu disambut para pengguna Honda CRF150L dengan membentuk organisasi, seperti halnya di Bali.

Honda CRF Community Bali menjadi salah satu komunitas atau club dari pengguna Honda CRF150L dan CRF 250. Beragam kegiatan dan aktivitas disesuaikan dengan motor yang mereka gunakan yaitu adventure dan off road. Sebelum mengenal lebih dalam soal Honda CRF Community Bali tentunya kita harus lebih dulu mengetahui asal muasal dari motor yang mereka gunakan.

Sama – sama kita ketahui di pasar global Honda sudah memiliki CRF150R dan CRF150F yang ditujukan hanya buat kegiatan off-road. Sementara Honda CRF150L langsung mendapat tanggapan positif dari para penggemar motor bergaya offroad.

Berganti tahun Januari 2018 peminat dari Honda CRF150L langsung melejit dan menguasai penjualan motor offroad saat itu. Sejak awal diperkenalkan hingga kini Honda CRF150L terbilang minim ubahan, tahun 2018, 2019 dan 2021 PT AHM hanya memberi penyegaran warna.

Sementara dari sisi tampilan, dimensi, mesin masih tetap sama. Selain mengandalkan mesin 4 langkah, SOHC, berpendingin udara, satu silinder, berkapasitas 149,15 cc. Suspensi yang ditawarkan juga sangat mempuni, sokbreker berlabel Showa model upside down dengan ukuran diameter pipa 37 mm dan panjang stroke 225 mm dipercaya bisa memberikan redaman yang baik, ditambah lagi suspensi belakang Honda CRF150L 2021 mengandalkan Pro-Link Monoshock.

Resmi berdiri pada Januari 2018 Honda CRF Community Bali terdiri dari para member yang memang suka trabasan, bahkan terbentuknya usai mereka melakukan test ride dan menemukan kenyamanan berkendara pada Honda CRF150L.

“Berawal dari Januari 2018, setelah Honda memperkenalkan Honda CRF dengan warna merah – putih dan kaki kaki yang cocok menggunakan showa. Lebih dulu bermain trabas lantas temen temen mulai membeli unit Honda CRF usai mencoba dan mendapat kenyamanan. Usai event di diler Bali baru deh kami membentuk organisasi ini”, pungkas Nyoman Budi Sulistyo selalu Ketua Umum Honda CRF community Bali.

Mayoritas member dari Honda CRF community Bali adalah pengguna Honda CRF150L ketimbang CRF 250 Rally. Walaupun adanya perbedaan justru membuat komunitas ini terus solid dalam perjalanan roda organisasi. Hingga kini tercatat ada 58 member yang terdaftar di Honda CRF community Bali.

Saat covid-19 masuk ke Indonesia, lumpuhnya perekonomian sangat berdampak bagi semua masyarakat. Terlebih bagi Bali yang mengandalkan perekonomian dari sektor pariwisata. Dalam situasi seperti ini support dari member sangat terasa bagi mereka yang terdampak.

“Dimasa pandemi ini jujur kami sangat terdampak, selain pembatasan kegiatan banyak juga dari member kami yang terkena dampaknya. Tetapi kami tetap berkomunikasi dan saling support. Bahkan ada motor member yang sudah dijual untuk bertahan selama musibah di wabah pandemi, otomatis keluarga yang utama. Kami tidak permasalahkan akan hal itu, bagi kami motor hanya jembatan pertemuan kami”, tambah Bli Nyoman Budi.

Honda CRF Community Bali juga memiliki beberapa kegiatan yang sedikit berbeda dari komunitas pada umumnya, seperti kopdar di rumah dan bermain adventure fun supaya tidak bosen. Bahkan saat member yang ingin bergabung para pengurus harus lebih dulu tau kesukaan jalur dari calon anggota, pasalnya ada yang suka on road dan yang suka offroad.

Tujuannya agar calon member tidak kaget dengan jalurnya permainan Honda CRF Community. Terfokus dengan kegiatan adventur membuat honda CRF Community Bali sering melakukan kegiatan terabas di Bali hingga diluar pulau Bali seperti event di mahameru beberapa waktu lalu sebelum terjadi letusan gunung Semeru.

Saling support dari diler dan komunitas membuat keduanya saling bergandengan tangan. “Biasanya member yang membeli motor di diler Honda selalu diinformasikan bahwa di Bali ada komunitas pengguna Honda CRF. Jika mereka minat pasti langsung menghubungi kami atau kami yang menghubungi. Tentunya kami dengan diler selalu saling support, dan kami mendapat tantangan untuk mengadakan dan ikut dalam kegiatan,” tutup Bli Nyoman Budi.

Sumber Artikel

Your comment: