Tips Ngabuburit #Cari_Aman dan Nyaman Selama Bulan Ramadhan

Memasuki bulan suci Ramadhan ini biasanya akan ada beberapa kegiatan yang berbeda dilakukan para bikers yang tergabung di beberapa klub/komunitas. Dimana kegiatan tersebut hanya dilakukan pada bula Ramadhan saja, salah satunya seperti buka puasa bersama (Bukber) dan biasanya dibarengi dengan ngabuburit.

Ngabuburit atau menunggu waktu berbuka bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya yang biasa dilakukan para bikers adalah riding atau berkendara dengan sepeda motor. Dan perlu diingat bahwa jelang berbuka puasa identik dengan kemacetan, karena sangat banyak orang ke jalanan bersamaan guna mencari takjil untuk berbuka puasa.

“Ngabuburit identik dengan menunggu waktunya saat untuk berbuka puasa. Alangkah baiknya jika para bikers mengisi kegiatan ngabuburit dengan menambah pengetahuan seputar safety riding, dan diselingi dengan pengetahuan memperdalam ilmu agama. Karena erat kaitannya dengan kedisiplinan, agama selalu mengajarkan kedisiplinan dan begitu juga berkendara,” saran Brad Agus Rush, Penasehat Honda Owners Club (HOC) yang juga salah satu Founder dan Penasehat Asosiasi Honda Jakarta (AHJ).

Nah, bagi Brad dan Sista yang ingin ngabuburit dengan riding atau berkendara dengan motor dan tetap ingin aman berkendara, Brad Agus juga berpesan untuk memperhatikan muatan motor kalian jangan sampai melebihi kapasitas yang telah ditentukan, tetap disiplin.

Meski jalanan sedang padat dan jaraknya dekat, tetaplah memakai helm. Selama berkendara, lengkapilah atribut keselamatan berkendara seperti kaca spion dan lampu sein dan lainnya. Jangan karena lalai, membuat ngabuburit kalian menjadi sumber marabahaya.

Jika akan berkendara pada sore hari selama bulan Puasa, sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu jarak yang akan ditempuh sehingga dapat mengestimasi waktu yang diperlukan, agar tiba di tempat tujuan tanpa terburu-buru dan tidak telat buka puasa.

Untuk menyiasati saat tiba waktunya berbuka tapi masih ditengah jalan, siapkanlah menu ringan untuk berjaga-jaga jika terpaksa harus berbuka di jalan. Minimal sediakan air minum dan makanan ringan agar mudah untuk dikonsumsi.

Pastikan motor dalam kondisi prima saat dipakai untuk ngabuburit. Selain kondisi jalanan yang macet, kondisi motor juga mempengaruhi kelancaran ngabuburit. Bila motor bermasalah alias mogok, tentunya akan mengganggu kelancaran ngabuburit.

Mengingat saat ini masih kondisi pandemi, tetaplah jalankan protokol kesehatan seperti dengan memakai masker dan membawa hand sanitizer dimanapun berada saat ngabuburit.

Your comment: