Tips AHM: Cara Aman Berkendara Motor Kopling Sehari-hari

Kawan-kawan…. Motor kopling dikenal sebagai kendaraan yang nyaman untuk digunakan sehari-hari dan bahkan untuk perjalanan jauh. Akan tetapi, masih banyak BroSis yang ragu untuk memilih motor kopling karena transmisinya yang tidak sederhana. Berbeda dengan motor matik yang tinggal dinyalakan dan putar gas bisa langsung jalan, pengendara motor kopling harus memahami kerja perpindahan gigi agar bisa memainkan tuas kopling dan mengganti gigi secara manual.

Ada sensasi mengendarai motor kopling, yakni engine brake dan akselerasi serta oper gigi yang halus dan spontan, yang nggak bisa didapat dari motor matik. Walau terkesan rumit, ternyata naik motor kopling tidak sesulit yang dibayangkan, kok. kawan-kawan yang tertarik agar lancar dan aman naik motor kopling sehari-hari bisa coba pelajari tips berikut ini!

Pelajari sistem kerja motor kopling

Sebelum mempraktikan naik motor kopling tentu kawan-kawan harus paham dengan sistem kerja motor kopling. Kopling adalah komponen yang berfungsi untuk memindahkan gigi secara halus yang biasanya terletak di tuas tangan kiri motor. Ketika tuas kopling ditarik, lempeng kopling akan ditekan oleh kampas rem hingga berhenti untuk kemudian memindahkan gigi motor. Perlu diingat, motor tidak akan melaju selama tuas kopling masih tertarik, meski gas diputar secara penuh.

Selain itu terdapat juga sistem engine brake, atau pengereman oleh mesin yang memperlambat laju motor ketika transmisi diturunkan ke gigi yang lebih rendah. Teknik engine brake sangat membantu untuk melakukan pengereman dalam kecepatan tinggi atau mendadak. Namun perlu diingat untuk hanya menggunakan engine brake di saat-saat membutuhkan, karena dapat mengurangi masa pakai komponen motor dalam jangka panjang jika terlalu sering digunakan.

Selalu putar gas dan lepas kopling secara perlahan

Cara melepas kopling dan memutar gas sangat mempengaruhi kehalusan laju kendaraan motor. Maka dari itu, ingat untuk selalu melepas kopling secara perlahan agar tidak tersentak ketika bertransmisi ke gigi lebih rendah atau tinggi. Perhatikan juga agar menambah gas secara perlahan saat motor baru berjalan dari kondisi berhenti untuk menghindari sepeda motor menghentak keras agar laju sepeda menjadi lebih halus dan aman.

Kenali sepeda motor kopling

Walaupun konsep dan cara berkendara setiap motor kopling sama, kawan-kawan tetap perlu melalui penyesuaian dengan jenis motor yang dimiliki. Hal ini sangat penting, apalagi kalau kawan-kawan bertransisi ke motor kopling dengan kapasitas mesin yang berbeda, karena pembawaan koplingnya juga akan berbeda. Menyesuaikan diri dengan motor kopling yang digunakan sehari-hari bisa menjamin kelancaran dan keselamatan berkendara.

Berlatih mengendarai motor kopling dengan aman

Ibarat diceburin dulu ke kolam biar bisa cepat berenang, kawan-kawan juga harus bisa mempraktekkan semua pengetahuan tentang motor kopling secara langsung dengan berlatih mengendarai motornya. Aspek yang perlu dilatih dari mengendarai motor kopling adalah perpindahan kopling yang halus dan membiasakan diri untuk menggunakan engine brake agar tidak kikuk ketika dihadapi situasi mendesak. Biasakan untuk berlatih di jalanan sepi yang minim distraksi dan diawasi oleh orang yang ahli, ya!

Perhatikan Keselamatan Ketika Berkendara

Tentunya ketika sudah mahir dalam melakukan transmisi manual, serta terbiasa dengan engine brake dan menancap gas yang smooth, kawan-kawan tidak lupa untuk tetap menggunakan peralatan berkendara yang lengkap, agar keselamatan diri dan pengguna jalan lainnya terlindungi.

Sumber artikel

Your comment: