Konsep Touring Adalah Enjoy and Ride, Bukan Siapa yang Tercepat

Brad Ali Abel Ghazanfar yang dikalangan para bikers akrab disapa Abel ini memegang posisi sebagai Ketua Umum (Ketum) Honda ADV Indonesia (HAI) periode tahun 2022-2024. Sedangkan sebelumnya sebagai Penasehat di HAI Chapter Jakarta. Pria kelahiran Tasikmalaya, Jawa Barat 44 tahun silam ini ternyata punya cerita lucu saat dia pertama kali belajar motoran.

“Dulu, sekitar tahun 1991an, pertama kali coba-coba belajar motoran saya pakai motor bebek Suzuki Crystal Tune. Nah, waktu itu saat pertama kali akan mulai tarik gas eh pas ngegas langsung standing, dan untungnya perfect mendarat sempurna. Padahal dalam hati sih sebenarnya kaget banget karena kan itu tidak dilakukan dengan sengaja hahaha,” kenangnya.

Bicara seputar hobi motoran, Brad Abel menceritakan awal mengenal dan menjalankan hobi motorannya pada antara tahun 1992-1993an. Saat itu dia bergabung dengan komunitas yang termasuk ternama di wilayah Parahyangan Timur, namanya Rat Racing (Si Beurit).

“Rat sendiri adalah singkatan dari Road and Track dari Ciamis, Jawa Barat yang juga melahirkan banyak pebalap road race dan motocross, salah satu dedengkotnya adalah crosser nasional Iwan Hermawan. Saat itu, Rat Racing diketuai oleh Almarhum Yadi Catriex yang satu keluarga isinya pembalap semua. Satu lagi namanya Dank Kodock, merekalah salah satu diantaranya yang menjadi inspirasi awal saya ikutan klub/komunitas motor disana,” terang Brad Abel.

Menurutnya, setelah bergabung dengan komunitas, solidaritas dan jiwa brotherhood tumbuh disana, karena semua anggotanya dipupuk untuk itu. “Sampai detik ini kami masih hadir dan terkoneksi walaupun kita sudah tersebar di beberapa kota dan saya sendiri sudah 24 tahun menetap di Jakarta,” lanjutnya.

Sedangkan pertama kali mengenal Honda ADV 150 ketika dia melihatnya di booth Honda dalam ajang GIIAS 2019 di ICE BSD, Serpong yang memang saat itu baru dilaunching. Dia pun langsung tertarik karena melihat bentuk dan tingginya. “Dan modelnya cocok banget untuk adventure, bisa dibilang pertama motor matik yang cocok untuk penggemar adventure,” tambahnya.

Setelah memiliki Honda ADV 150 pada bulan Agustus 2019, dia pun langsung bergabung dengan HAI pada bulan September 2019. Sejak itu, Brad Abel pun mengikuti berbagai kegiatan yang dilaksanakan HAI termasuk touring. Meskipun di tengah kesibukannya yang bekerja di salah satu perusahaan yang bergerak dibidang mining dan trading batubara serta beberapa organisasi, dia masih sempat mengikuti touring HAI di sekitar Pulau Jawa sampai Lampung.

Honda ADV miliknya juga dipakainya untuk beberapa aktivitas hariannya selain untuk kongkow bersama kawan-kawan bikers lainnya. “Selama bergabung dengan HAI jadi punya lebih banyak teman, dengan banyak macam genre/style. Banyak hal ditemukan di dalam komunitas, baik positif maupun negatif, tinggal bagaimana kita bijak saja memilah dan mengelola semua yang nampak ataupun kita hadapi sendiri. Buat saya itu sekaligus melatih diri kita sendiri, juga passion, emotional dan lainnya,” ujar Brad Abel.

Dia pun menghimbau kepada para bikers dan pengguna jalan lainnya, agar tidak ugal-ugalan di jalanan untuk #Cari_Aman. “Nikmati perjalanan sebaik-baiknya, apalagi sedang touring. Karena konsep touring adalah enjoy and ride, bukan siapa yang tercepat sehingga kita mengabaikan safety di jalan, gunakan helm terbaik kalau bisa. Saya sudah kehilangan beberapa kawan yang meninggal karena bermotor tanpa helm, bahkan ada yang mengenakan helm brand ternama tapi pengikatnya tidak digunakan, jadi terlepas dari kepalanya saat crash,” tutup Brad Abel.

One thought on “Konsep Touring Adalah Enjoy and Ride, Bukan Siapa yang Tercepat

  1. jadi pengen ngerasain touring, tapi motor gabakal kuat :'(

Your comment: