2 bendera Merah Putih berkibar di podium Endurance Race Suzuka 4 Hours

BtcXPVhCcAIkvYY

Berita gembira, tim Yamaha Racing Indonesia tampil luar biasa menjuarai Suzuka 4 Hours Endurance Race yang digelar di Sirkuit Suzuka, pada Sabtu 26 Juli dimana 2 tim sekaligus meraih Juara 1 dan Juara 2.

Pencapaian ini menyempurnakan Team B dengan Pasangan Sudarmono & Sigit PD yang sukses meraih pole position, dan ini untuk pertama kalinya diraih oleh peserta non Jepang.

Imanuel Pratna dan Shigeru Ibaraki yang memperkuat Tim Yamaha Racing Indonesia A menjadi kampiun setelah mencatat waktu tercepat 4 jam 23,617 detik. Sementara itu Tim Yamaha Racing Indonesia B Sudarmono dan Sigit PD berhasil keluar sebagai runner up dengan catatan waktu 4 jam 28,329 detik.

Kedua tim membanggakan masyarakat Indonesia dengan mengibarkan bendera Merah Putih di Negeri Sakura, ini merupakan hadiah Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Endurance Race Suzuka ini dilalui tim Yamaha Racing Indonesia A dan B dengan meyakinkan.

Imanuel melakukan start sempurna dari posisi empat merangsek paling depan. Setelah balapan 20 putaran, dia masuk lap berganti dengan Ibaraki.

Lalu pergantian pembalap lagi dilakukan di lap 41, 60 dan 81 sampai waktu habis dengan Imanuel Pratna menyelesaikan balapan dengan sempurna di posisi pertama.

Sementara itu, Sudarmono sempat melorot ke posisi enam setelah start dari pole position dan sempat terjatuh dan membalap lebih dari batas kecepatan maksimal di lap 21 di area pit. Namun dia berhasil bangun kembali dan masuk pit digantikan Sigit yang berhasil memperbaiki posisi.

Di akhir lap 28 Sigit masuk pit untuk menjalani pit stop penalti Setelah insiden sebelumnya, semangat pantang menyerah diperlihatkan 2 kakak beradik ini, tim Yamaha Racing Indonesia B akhirnya memastikan tempat di posisi dua.

”Hasil balap ini sangat istimewa pole position dan juara 1 dan 2. Prestasi gemilang tim Yamaha Racing Indonesia A dan B merupakan buah pembinaan YRA yang bertahap dan matang, sehingga membentuk tim yang hebat,” ujar M. Abidin, GM Service & Motorsport Yamaha Indonesia.

“Endurance Race Suzuka 4 Hours menuntut kerjasama tim antara pembalap dan teknisi yang solid. mereka yang lebih terarah dan profesional kinerjanya yang juara. Suzuka 4 Hours bukan akhir dari tujuan kami, namun ini adalah ajang mencetak Pembalap dan teknisi Indonesia yang profesional untuk menuju level yang lebih tinggi lagi,” tambah Abidin.

“Kunci penting keberhasilan itu salah satunya adalah persiapan selama 4 bulan dari April hingga Juli di Jepang. Di April fokus pada skill pembalap dan teknisi,” jelas Supriyanto, Manajer Motorsport Yamaha Indonesia.

Supriyanto menjelaskan, bahwa skill balap bukan hanya menjadi yang tercepat, tetapi bagaimana masuk keluar tikungan dengan kecepatan yang tinggi dan bagaimana mempertahankan kecepatan saat Kondisi Ban sudah hampir tergerus habis. Selain itu bagaimana menjaga fisik serta mental.

Your comment: