Zero Motorcycles dan VMOTO Motor Elektrik tawarkan green transportation

GaransindoTecnologies

Garansindo Technologies, sebagai anak perusahan PT Garansindo Inter Global yang menaungi Zero Motorcycles dan VMOTO Motor Elektrik, berharap pemerintahan baru Indonesia lebih memperhatikan dua hal dalam sektor transportasi: yaitu penghematan BBM dan ramah lingkungan  (green transportation).

Hal ini, diungkapkan oleh CEO PT Garansindo Inter Global, Muhammad Al Abdullah, “Garansindo dan anak perusahaannya, PT Garansindo Technologies, mengucapkan SELAMAT ATAS DILANTIKNYA PRESIDEN-WAKIL PRESIDEN RI, Jokowi dan Jusuf Kalla beserta para Menteri Kabinet Kerja, periode 2014-2019”.

“Kami berharap, para pucuk pimpinan Negara lebih memperhatikan dua hal secara serius dalam sektor transportasi: yaitu penghematan konsumsi BBM dan ramah lingkungan (green transportation).

“Sebagaimana diketahui, konsep penghematan konsumsi BBM bersubsidi dan transportasi ramah lingkungan menjadi masalah klise dalam beberapa program pemerintahan sebelumnya. Berbagai macam wacana, strategi dan konsep telah digulirkan. Namun, kerap kali tidak tepat sasaran. Bahkan, belum bisa kita rasakan secara nyata.”

Dua hal tersebut juga kita dengar atau kita ketahui, juga menjadi salah satu target pemerintahan Jokowi-JK. Maka, dalam kesempatan ini, kami berharap pemerintahan yang baru tidak hanya mewacanakan kembali atau membuat kebijakanya yang tidak tepat sasaran.

Garansindo optimis, Jokowi-JK dan Kabinet Kerja mampu merealisasikan secara nyata konsep penghematan konsumsi BBM bersubsidi dan green transportation melalui kebjakan yang konkrit dan tepat, bukan hanya lip services.”

“Dan kita semua ketahui, diperlukan keberanian dan government wilingness yang tinggi untuk mewujudkan hal tersebut. Karena bukan rahasia  lagi, ada dan akan ada pihak-pihak yang langsung atau tidak secara langung, sengaja atau tidak sengaja, telah dan akan menghambat terwujudnya realisasi kebijakan positif tentang penghematan BBM bersubsidi dan green transportation. ”

“Padahal kita ketahui, Berdasarkan data dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mencatat pertumbuhan konsumsi bahan bakar minyak naik 10 persen setiap tahunnya dengan dana subsidi negara mencapat 300 triliun rupiah pertahunnya.”

Selaras dengan hal tersebut, perhitungan yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Kementerian Keuangan (Kemenkeu), ada dua manfaat yang dapat diperoleh dengan penghematan subsidi BBM.

Pertama, pengalihan subsidi ke pendidikan, infrastruktur, dan kesehatan dapat meningkatkan laju perekonomian dengan multiplier effect lebih besar dibandingkan subsidi ke BBM. Defisit anggaran sebesar 2,32 persen menjadi 2,21 persen dapat berubah jika memang penghematan anggaran subsidi BBM dilakukan.

Kedua, penghematan subsidi BBM juga membuat masyarakat lebih sadar energi kian langka dan semakin menipis. Dengan begitu masyarakat mulai beralih mencari alternatif penggunaan BBM yang ramah lingkungan, terlebih untuk sektor transportasi.

Dengan keoptimisan pemerintahan baru saat inilah, yang membuat Garansindo akhirnya memperkenalkan transportasi roda dua bertenaga listrik yang ramah lingkungan. Dan ini merupakan salah satu solusi terbaik yang telah ada di dunia saat ini dan terus dikembangkan secara global.

“Kita bisa lihat penjualan sepeda motor di Indonesia, merupakan terbesar ketiga di dunia, seitar 7-juta  unit setahun dan populasinya telah mencapai 18 juta. Dari semua itu, 99% menggunakan bahan bakar bersubisi yang menjadi beban pemerintah dan menjadi beban  masyarakat dari polusi yang dihasilkan”

Perihal transportasi ramah lingkungan juga telah digagas oleh Kementerian Lingkungan Hidup (KLH), dimana menurut kementerian ini sektor tranportasi merupakan sumber pencemar udara dan Gas Rumah Kaca (GRK) yang terbesar di perkotaan diikuti sumber emisi pencemar halus lain seperti  industri, rumah tangga, dan kegiatan komersial.  Emisi GRK dari sektor transportasi diperkotaan adalah sekitar 23% dari total emisi GRK dari seluruh sumber.

“Dapat kita bayangkan dan hitung bersama, apabila motor-motor yang dijual di Indonesia seluruhnya menggunakan energi listrik, berapa banyak penghematan BBM dan seberapa besar penyelamatan lingkungan hidup yang didapatkan.”

“Beberapa pihak mungkin pesimis hal itu terwujud. Namun, Garansindo dengan visi inovasinya dan melihat pesatnya teknologi serta pasar motor elektrik yang tumbuh berkembang dengan cepat di dunia, maka inilah moment yang tepat dan sudah saatnya untuk memperkenalkan motor elektrik di Indonesia.”

“Untuk meyakinkan, Garansindo telah membawa dua brand, dari dua manufaktur, dari dua segment berbeda. ZERO Motorcycles, untuk kelas premium, berteknologi super canggih, terdepan dan terbukti di dunia. VMOTO, dengan reputasi lebih dari 20 tahun membuat motor elektrik secara massive. Dan dua brand tersebut hadir sebagai simbol era baru industri automotif Indonesia.”

“Garansindo sebagai salah satu perusahaan automotif terbesar anak bangsa, juga mempunyai keinginan yang tinggi, untuk suatu saat dan dalam waktu yang tidak terlalu lama, Indonesia memiliki motor elektrik nasional karya anak bangsa. Untuk misi itu, Garansindo siap berkomitment untuk berinvestasi dan juga alih teknologi dalam pengembanganya, bersama Pemerintah dan Lembaga Pendidikan Tinggi yang kompeten.“

“Untuk mewujudkan hal tersebut, tentunya dibutuhkan dukungan dan komitment dari pemerintah serta semua stake holder yang terlibat dalam bentuk kebijakan yang real, practical dan applicable.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *