Memilih Rocker Arm, Pilih Material Presisi

HTK_1523

Buat yang suka utak-atik mesin motor wajib baca nih, mudah-mudahan motornya jadi tambah kenceng. Rocker arm atau pelatuk klep pada motor berfungsi sebagai penghubung antara camshaft dengan valve dan mengatur naik turun (buka-tutup) klep.

Rocker arm harus dibuat dengan presisi dan material yang tepat sehingga dapat membuat pergerakan atara camshaft dan Valve lebih presisi sehingga supply bahan bakar dari carburetor ke ruang bakar menjadi efisien.

Cara kerja dari Rocker arm digerakkan oleh camshaft sehingga dapat menekan valve dengan sempurna. Pergerakan rocker arm oleh camshaft terjadi karena pergesekan/benturan antara permukaan camshaft dengan permukaan rocker arm.

Bagi penggemar akselerasi, pasti gemas ingin mengganti rocker arm ( pelatuk klep) motornya. Awas, hati hati dalam menentukan pilihan merek pelatuk after market. Pilihlah material yang digunakan pada Klep / Valve harus dapat menahan panas yang tinggi dan presisi, karena apabila terjadi kebocoran pada klep dapat membuat tenaga mesin menjadi menurun.

Nilai presisi sebuah rocker arm menentukan umur chamshaft lebih panjang.Lebih bagus lagi pilih pelatuk klep yang menggunakan roller bearing dengan material berkualitas dengan nilai presisi yang baik. Klep/Valve yang di design untuk temperatur dan kompresi tinggi, serta pembuatan yang sangat presisi sehingga bentuk payung klep menjadi bulat sempurna, dan menjadikan tenaga mesin menjadi lebih maksimal.

Pelatuk klep dengan bantalan bearing dapat meredam benturan antara camshaft dan rocker arm dan memperkecil gesekan pada permukaan rocker arm (merupakan bidang datar yang diganti dengan bearing) sehingga putaran mesin menjadi lebih ringan niscaya pemakaian bahan bakar menjadi lebih efesien seiring dengan ringannya putaran mesin.

Dari produk yang terdapat di pasaran, hanya produk TDR Rocker arm lebih actual soal hitungan nilai presisinya. Karena produk TDR Racing ini di ciptakan dengan berbagai pengembangan teknologi. Khas produk ini yaitu perpadukan antara Bolt Valve Adjuster (baut stelan klep) dan bidangnya yang lebih panjang 2,5mm dibandingkan dengan originalnya sehingga akan memudahkan para mekanik dalam melakukan penyetelan klep.

Teknologi ini menjadikan mendukung maksimal fungsi dari Klep atau yang biasa disebut Valve. Dengan begitu pengaturan lebih merata dalam hal kelancaran memasukan bahan bakar dan mengeluarkan sisa bahan bakar pada ruang bakar. (nolis)

One thought on “Memilih Rocker Arm, Pilih Material Presisi

  1. I am glad for writing to make you know what a nice encounter my wife’s girl had studying your web site. She mastered several pieces, which include what it’s like to possess an awesome helping nature to let other individuals with ease know precisely some problematic issues. You actually did more than her desires. I appreciate you for churning out such beneficial, dependable, edifying and cool guidance on that topic to Emily.

Your comment: